Gangneung Jadi Kandidat Home Base KF-21 Boramae

Gangneung Jadi Kandidat Home Base KF-21 Boramae

PAGARALAMPOS.COM - Gangneung, kota yang terletak di Provinsi Gangwon dan berjarak 210 kilometer dari Seoul, serta 100 kilometer dari perbatasan Korea Utara, dipilih sebagai kandidat utama basis penempatan jet tempur KF-21 Boramae. Yang rencananya mulai akan digunakan Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) pada tahun 2026.

Seperti dikutip The Korea Times (16/5/2024), RoFAF sedang meninjau kemungkinan penempatan jet tempur supersonik KF-21 di pangkalan udara di Gangneung, penempatan KF-21 di Gangneung dipersiapkan guna merespons ancaman udara Korea Utara dengan lebih baik.

Pangkalan udara Gangneung saat ini digunakan sebagai markas pesawat tempur lawas legendaris F-5 E/F Tiger II.

Para pejabat pertahanan Korea Selatan mengatakan Gangneung memiliki lokasi strategis karena kedekatannya dengan Korea Utara dan perannya dalam memastikan kemampuan respons yang cepat.

BACA JUGA:Hwasong 16 Bikin Tegang Amerika, Rudal Balistik Antar Benua Korut Mampu Jangkau Washington DC

Pesawat tempur F-5 Tiger II, meskipun telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun, memiliki keunggulan utama dibandingkan pesawat tempur modern lainnya.

Terutama karena waktu persiapan penerbangan yang lebih cepat, mampu lepas landas juga lebih cepat untuk merespons ancaman udara dari utara.


Foto : Jet tempur.-Gangneung Jadi Kandidat Home Base KF-21 Boramae-Indomiliter.com

KF-21 sebagai jet tempur supersonik generasi 4,5, telah menjalani pengujian ketat guna memverifikasi kinerja dan kesiapan tempurnya.

Pengerahan strategis pesawat tempur tersebut, yang dipersenjatai dengan persenjataan udara-ke-udara canggih seperti rudal Meteor dan AIM-120 AMRAAM.

BACA JUGA:Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Dengan Roket Falcon 9, Kabarnya Kosel Mau Saingi Korut

Dipandang sebagai langkah penting dalam memperkuat kemampuan pertahanan Korea Selatan di tengah perubahan dinamika regional.

Di Angkjatan Udara Korea Selatan, satu skadron tempur umumnya terdiri dari 20 pesawat, dan diperkirakan akan ada dua skadron KF-21 yang secara bertahap akan ditempatkan di Gangneung.

Sementara F-5 Tiger akan dipindahkan ke ke pangkalan udara di Suwon, Provinsi Gyeonggi, untuk memastikan kelangsungan operasionalnya hingga nantinya dipensiunkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: