Bolehkah Sholat Isya Dilakukan Lewat Tengah Malam? Simak Penjelasannya Disini!

Bolehkah Sholat Isya Dilakukan Lewat Tengah Malam? Simak Penjelasannya Disini!

Bolehkah Sholat Isya Dilakukan Lewat Tengah Malam? Simak Penjelasannya Disini! -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Shalat Isya merupakan salah satu shalat wajib yang pelaksanaannya pada malam hari, setelah shalat maghrib. Jarak waktu shalat Isya dengan shalat fardhu berikutnya, yakni shalat subuh adalah yang paling lama.

Tak heran, banyak orang yang menunda pelaksanaan shalat isya karena menganggap batas waktunya masih lama. Bahkan, terkadang shalat isya dikerjakan di atas jam 12 malam.

Lantas, benarkah boleh mengerjakan shalat isya di atas jam 12 malam? Sampai kapan batas waktu shalat isya yang benar?

Waktu sholat isya dapat dikatakan memiliki jeda yang terpanjang dengan waktu sholat selanjutnya. Sebab itu, sebagian umat muslim masih sedikit bingung dengan kapan tepatnya batas akhir waktu sholat isya tersebut.

BACA JUGA:Sejarah Dinasti Abbasiyah Kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Peradaban

BACA JUGA:Eksplorasi Kota Muslim Kuno di Ethiopia: Menyelami Sejarah Awal Islam di Benua Afrika

Salat Isya memiliki batas waktu yang paling panjang ketimbang salat wajib lainnya. Tak heran, sebagian orang menganggap bahwa batas salat Isya bisa sampai Subuh.

Hingga muncul sebuah pertanyaan, apa boleh sholat Isya dikerjakan setelah lewat tengah malam?

Ustaz Adi Hidayat dalam siaran Youtube berjudul Batas Waktu Sholat Isya yang diunggah pada 22 Agustus 2017 menjelaskan secara rinci seperti apa batasan waktu sholat Isya sesuai dengan tuntunan Islam.

"Isya itu batasnya malam. Kalau berakhir malam ya selesai (waktu) isya-nya," kata Ustaz Adi seperti yang dikutip dalam kanal Youtube Info Singkat pada Senin, (8/11/2021).

BACA JUGA:Kehidupan dan Kehancuran: Kisah Kerajaan Buleleng dalam Sejarah Bali

BACA JUGA:Mengupas Sejarah, Talut dan Umpak sebagai Pondasi Kokoh Bangunan Era Majapahit

Namun, ustaz kelahiran Pandeglang ini buru-buru menambahkan bahwa perhitungan malam di sini didasarkan pada kalimat Al Quran. Bukan memakai perhitungan waktu biasa.

Perhitungan malam menurut Al Quran dibagi menjadi dua yakni malam (lail) dan awal malam (ila lail atau muqaddimatul lail).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: