Kisah 30 Warga Maybrat Gabung OPM Gegara Diintimidasi, Kini Kembali ke NKRI

Kisah 30 Warga Maybrat Gabung OPM Gegara Diintimidasi, Kini Kembali ke NKRI

Foto : Warga Maybrat kenbali berikrar kembali ke NKRI.-Kisah 30 Warga Maybrat Gabung OPM Gegara Diintimidasi, Kini Kembali ke NKRI-Detiknews

BACA JUGA:Begini Kronologi TNI Polri Temukan Markas OPM di Intan Jaya,, Aparat Sempat Baku Tembak

"Cerita bermula dari Tim Patroli Satgas Yonif 133/YS yang menemukan barang bukti berupa dokumen yang berisi catatan nama-nama orang yang terlibat dalam struktur OPM wilayah Sorong Raya di sebuah rumah kosong tidak berpenghuni di Kampung Aitrem, Distrik Aifat Timur-Maybrat," bebernya.

Aparat kemudian memeriksa 30 anggota OPM tersebut. Kepada penyidik, mereka mengaku terpaksa bergabung karena kerap diintimidasi oleh anggota OPM lainnya.

"Benar bahwa sebagian besar dari mereka terpaksa ikut bergabung dalam OPM wilayah Sorong Raya dikarenakan mereka kerap mendapat intimidasi dari pentolan-pentolan OPM," terangnya.

Andhika mengaku pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan para tokoh masyarakat di Distrik Aifat Timur. Akhirnya, 30 anggota OPM tersebut meminta untuk berikrar kembali ke NKRI.

BACA JUGA:OPM Kian Brutal, Ratusan Kopasgat Baret Jingga Diterjunkan ke Papua

"Mereka meminta langsung kepada Satgas Yonif 133/YS agar dibuatkan acara khusus untuk mereka dapat berikrar setia kepada NKRI dengan disaksikan oleh para tokoh di Distrik Aifat Timur dan pemerintah daerah Kabupaten Maybrat," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: