Asal-Usul Kata Guin5ea yang Menjadi Nama Empat Negara Begini Sejarahnya

Asal-Usul Kata Guin5ea yang Menjadi Nama Empat Negara  Begini Sejarahnya

Foto : Masyarakst Papua Nugiji dalam aktifitasnya.-Asal-Usul Kata Guinea yang Menjadi Nama Empat Negara Begini Sejarahnya-National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Mengapa ada begitu banyak nama Guinea di dunia ini? Dan mengapa ada beberapa negara yang sama-sama memiliki nama Guinea?

Guinea muncul pada nama dari setidaknya empat negara. Dan tidak satupun dari mereka ada hubungannya dengan tikus belanda (guinea pig), hewan peliharan lucu itu.

Asal Kata Guinea

Meskipun ada banyak teori tentang asal usul kata “Guinea”, teori yang paling populer adalah bahwa kata tersebut merupakan kata awal yang digunakan secara kolektif untuk merujuk pada masyarakat dan wilayah Afrika Barat.

Semua negara yang menggunakan nama Guinea berlokasi di Afrika Barat, atau memiliki hubungan dengan wilayah tersebut.

BACA JUGA:Memahami Budaya Suku Chambri, Kehidupan ‘Manusia Buaya’ di Papua Nugini

Empat negara Guinea

1. Guinea

Negara Guinea modern terletak di pantai barat Afrika. Negara ini awalnya dijajah oleh Prancis dan disebut sebagai Guinea Prancis sebelum memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1958.

Setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaannya, negara tersebut kemudian dikenal sebagai Guinea.

Saat ini, Guinea berpenduduk 13,87 juta jiwa, yang merupakan populasi terbesar di antara empat negara dengan nama Guinea.

2. Guinea-Bissau

Guinea-Bissau, yang terletak tepat di utara Guinea. Sebelumnya wilayah ini dikenal sebagai Guinea Portugis karena dijajah oleh Portugal.

BACA JUGA:Kebiasaan Suku Fore di Papua Nugini Ini Bikin Bergidik! Salahsatunya Makan Daging Manusia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: