Mengupas Tuntas Legenda Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan

Mengupas Tuntas Legenda Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan

Mengupas Tuntas Legenda Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Nyi Roro Kidul merupakan mitos yang hidup lama dalam ingatan masyarakat Jawa dan sangat populer.

Nyi Roro Kidul diyakini sebagai penguasa Pantai Selatan Pulau Jawa.  Selain itu, disebut juga bahwa Nyi Roro Kidul memiliki hubungan dengan para raja Jawa.

Konon, setiap raja di Jawa dinobatkan, mereka juga sekaligus menikah dengan Nyi Roro Kidul. Ada beberapa versi soal asal-usul Nyi Roro Kidul.

Meskipun populer di budaya Jawa, konon Nyi Roro Kidul berasal dari Sunda. Dalam beberapa beberapa literasi disebutkan bahwa Nyi Roro Kidul adalah putri dari Kerajaan Galuh yang berpusat di Jawa Barat sekitar abad 13.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Indonesia memiliki banyak cerita rakyat, salah satu cerita rakyat yang terkenal adalah Nyi Roro Kidul. Dalam legenda, Nyi Roro Kidul adalah sang penguasa Laut Selatan. Namun, kebenaran cerita tentang sosok Nyi Roro Kidul masih menjadi kontroversi.

Menurut cerita yang beredar, Nyi Roro Kidul adalah seorang putri cantik bernama Kandita, putri kerajaan Pakuan Pajajaran.

Kecantikannya sungguh tidak tertandingi oleh siapapun pada masa itu. Bahkan karena kecantikannya, ia juga dijuluki sebagai Dewi Srengenge, yaitu Matahari yang indah.

Cerita versi lainnya mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul adalah keturunan langsung Raja Airlangga dan juga merupakan keturunan Raja Kediri Jayabaya.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Legenda Nyi Roro Kidul

Dikutip dari buku berjudul Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler yang ditulis oleh Lia Nuralia dan Lim Imadudin, Nyi Roro Kidul adalah anak dari Raja Prabu Siliwangi dari kerajaan Pakuan Pajajaran. Ibunya adalah permaisuri kinasih, permaisuri yang paling disayangi oleh Prabu Siliwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: