Baru Tauu, Ada Empat Kota Afrika Kuno yang Hilang, Apa yang Sesungguhnya Terjadi?

Baru Tauu, Ada Empat Kota Afrika Kuno yang Hilang, Apa yang Sesungguhnya Terjadi?

Foto : Jene Jeno jejak sejarah di Mali.-Baru Tauu, Ada Empat Kota Afrika Kuno yang Hilang, Apa yang Sesungguhnya Terjadi?-National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Monumen besar Giza dan kuil agung Thebes menjadi saksi keagungan kota-kota Afrika yang mereka bangun.

Namun tempat-tempat kuno lain di Afrika menyaingi keagungan mereka, tetapi melacak jejak pusat kota yang megah ini lebih sulit. Kota-kota yang pernah berkembang pesat ini, berlokasi di Mesir, Sudan, dan Mali masa kini, mundur dalam ketidakjelasan, kemegahan mereka tetap hilang dari sejarah hingga masa modern.

Ketika arkeolog membuat beberapa temuan yang mengejutkan tulis Patricia S. Daniels di laman National Geographic pada artikel berjudul "These four lost cities were jewels of ancient Afrika. What happened to them?"

Thonis-Heracleion, Mesir: pelabuhan yang berkembang pesat

Kota hilang Mesir kuno Thonis-Heracleion adalah salah satu penemuan kota tenggelam terbesar yang pernah ditemukan oleh arkeolog. Selama ribuan tahun bersembunyi di bawah air, dengan eksistensinya yang hanya tecatat di beberapa inskripsi dan teks kuno yang langka.

BACA JUGA:Sejarah Museum Alexandria, Dahulunya Perpustakaan Mengkoleksi Karya dan Naskah Kuno

Pelabuhan ini terletak di mulut sungai Nil berkembang setelah kekuatan Mesir memudar pada abad ketujuh SM. Dikenal sebagai Thonis bagi orang Mesir dan Heraclion bagi orang

Yunani, pelabuhan itu berkembang sebagai pusat perdagangan dan kebudayaan yang vital, dan kemudian menghilang.


Foto : Artefak jejak sejarah Yunani.-Baru Tauu, Ada Empat Kota Afrika Kuno yang Hilang, Apa yang Sesungguhnya Terjadi?-National geographic

Pada 2000, arkeolog kelautan Franck Goddio dari European Institute of Underwater Archeology menemukan mengapa tidak ada jejak darinya yang terlihat di sepanjang pesisirnya: Seluruh kota telah tenggelam di dasar Laut Mediterania pada abad kedelapan M.

Mencari sekitar 6 kilometer dari garis pantai saat ini di Abu Qir Bay, 10 meter di bawah air, tim Goddio menemukan sisa-sisa kuil Amun dan sistem kanal yang menghubungkan kota.

BACA JUGA:Antara Kristiani dan Muslim, Siapa Pembakar Perpustakaan Alexandria

Lebih dari 70 kapal karam dan ratusan jangkar mengungkapkan Thonis-Heracleion sebagai pusat perdagangan yang ramai setara dengan Babilonia dan Pompeii.

Penemuan bawah air termasuk patung sphinx dan penguasa, cincin, koin, dan patung besar dewa Mesir Hapi dari granit merah, simbol kelimpahan. Di antara harta karun lainnya adalah keramik Yunani yang mewah dan keranjang anyaman berusia 2.400 tahun yang berisi buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: