Bikin Heboh! Inilah Makam Kuno Berusia 3.000 Tahun yang Berhasil Tertangkap Kamera

Bikin Heboh! Inilah Makam Kuno Berusia 3.000 Tahun yang Berhasil Tertangkap Kamera

Bikin Heboh! Inilah Makam Kuno Berusia 3.000 Tahun yang Berhasil Tertangkap Kamera -net-

Sebagian besar bangunan berdiri berdekatan satu sama lain yang menunjukkan bahwa seluruh penduduknya memiliki keterkaitan yang erat dan terorganisasi dengan baik.

"Meskipun kami perlu melakukan penggalian untuk memastikan detailnya, kami memperkirakan bahwa tempat ini adalah tempat tinggal keluarga besar," jelas Molloy.

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

BACA JUGA:Membuka Sejarah Candi Prambanan, Teryata ada Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Karena letaknya di hamparan hutan atau ladang yang tanahnya dibajak oleh para petani, maka sebagian besar garis permukiman ini hampir tidak terlihat. Para peneliti menemukan sisa-sisa tembok dan parit yang kemungkinan sebagai benteng untuk melindungi permukiman.

"Sayangnya hanya sedikit terlihat dalam gambar karena terkena bajakan tanah. Sebuah pagar kayu dan tembok mengelilinginya, kemungkinan adalah sebuah benteng," kata Molloy.

Penemuan Artefak Lainnya

Di lokasi tersebut, para peneliti juga menemukan banyak artefak, seperti batu gerinda untuk mengolah biji-bijian, pecahan tembikar, dan potongan perunggu serta peniti untuk pakaian.

BACA JUGA:Sejarah Mesopotamia Kuno, Ketika Pendidikan Hanya Untuk Kaum Elite

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

Hasil analisis radiokarbon terhadap tulang-tulang hewan menunjukkan bahwa ada penduduk kuno di sana.

"Permukiman ini dihuni sekitar tahun 1.600 hingga 1.200 SM. Kami menemukan potongan-potongan sisa pembakaran yang menandakan bangunan di sana rusak akibat kebakaran," kata Molloy.

Namun, untuk alasan mengapa permukiman tersebut ditinggalkan masih menjadi misteri bagi para arkeolog. Kemungkinan penyebabnya karena para penduduk melakukan perpindahan atau mobilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: