Miliki Ragam Suku dan Budaya! Inilah 3 Rumah Adat Khas Papua

Miliki Ragam Suku dan Budaya! Inilah 3 Rumah Adat Khas Papua

Miliki Ragam Suku dan Budaya! Inilah 3 Rumah Adat Khas Papua -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Papua merupakan wilayah paling timur Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun kali ini kita tidak akan membahas  keindahan Raja Ampat atau laut birunya melainkan keunikan rumah adat PapuaPapua mempunyai banyak suku adat yang berbeda-beda, sehingga membuat daerah tersebut mempunyai banyak tipe rumah adat yang berbeda-beda. 

Masyarakat Papua hidup harmonis dengan alam sehingga bergantung pada alam untuk kelangsungan hidupnya.

Awalnya mereka masih tinggal di sekitar hutan, berteduh di bawah pohon tinggi. Mereka kemudian belajar  membangun  rumah adat Papua yang terinspirasi dari sarang burung. Masyarakat Papua mengamati bahwa burung mempunyai kebiasaan bersarang di  pohon.

Mereka kemudian mencoba  membangun shelter yang bisa melindungi mereka dari  panas dan hujan ekstrem. Semua bahannya berasal dari alam seperti rumput, balok kayu, dan tali rotan.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman budayanya di dunia. Salah satu bentuk dari keberagaman budaya itu adalah PAPUA merupakan wilayah bagian paling Timur Indonesia yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki keunikan pada pakaian adat, yakni koteka atau holim, serta pada rumah adat asli. 

Mungkin rumah adat Papua yang diketahui oleh kita adalah rumah honai. Namun, ternyata masih terdapat beberapa rumah adat lainnya yang perlu kita ketahui. 

Berbicara soal budayanya, Papua punya keragaman dan keunikan tersendiri yang telah menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri bagi Papua. Ragam budaya dan keunikan Papua ini dapat dilihat melalui rumah-rumah adatnya.

Nah, di bawah ini sudah rangkumkan informasi lengkap seputar berbagai rumah adat Papua beserta dengan gambar dan penjelasannya. Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Papua juga mendapat predikat sebagai provinsi paling luas di Indonesia dengan luas wilayah mencapai 319.036,05 kilometer persegi.

Luas wilayah Papua setara dengan 16,64 persen seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: