Dipercaya Miliki Kekuatan Magis! Suku Kalang Sempat Jadi Keprcayaan Kerajaan Majapahit

Dipercaya Miliki Kekuatan Magis! Suku Kalang Sempat Jadi Keprcayaan Kerajaan Majapahit

Dipercaya Miliki Kekuatan Magis! Suku Kalang Sempat Jadi Keprcayaan Kerajaan Majapahit-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Keturunan orang Kalang sebagian besar  tersebar di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti di Cilacap, Adipala, Gombong, Ambal, Petanahan, Kebumen dan Bagelen.

Melalui akulturasi budaya dan kondisi yang baik, kita terhindar dari perbedaan  mencolok antara masyarakat Kalang dan non-Kalang.

Secara umum kehidupan mereka tertib dan sejahtera. Selain itu, banyak keturunan mereka yang sukses menjadi pengusaha.

Pada masa Kerajaan Majapahit, anggota suku Kalang bertugas menjaga hutan dari serangan musuh. Mereka dianggap mempunyai kekuatan magis atau supranatural.

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

BACA JUGA:Membuka Sejarah Candi Prambanan, Teryata ada Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

 Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang suku Kalang, suku yang tidak terlalu besar namun memiliki sejarah yang panjang di nusantara. Suku Kalang atau dikenal juga dengan nama Wong Kalang merupakan salah satu subsuku  masyarakat Jawa. Mereka sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan nusantara.

Namun pengucilan  masyarakat mayoritas di masa lalu menjadi awal mula munculnya istilah "kalang" di kalangan mereka. Kata “kalang” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “perbatasan”. Saat itu masyarakat Kalang  sengaja dibatasi atau dikucilkan dalam ranah sosial oleh pemerintah atau masyarakat mayoritas.

Orang-orang saat itu menganggap mereka  pembohong dan orang berbahaya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat Kalang yang berpindah agama, memeluk Islam dan  menjalankan syariat agama.

Mereka juga berintegrasi dengan baik dalam hubungan dan perkawinan dengan komunitas lain. Hal ini memungkinkan suku Kalang diterima  di Indonesia dan pada gilirannya juga menerima orang di luar sukunya.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Selain menjaga hutan, mereka juga ahli dalam membuat candi dan berbagai macam benda dari kayu.

Orang Kalang juga ikut berperan sebagai tentara yang membela Majapahit dalam perang melawan Suku Dayak yang terkenal akan kesaktiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: