Beroperasi 40 Tahun Helikopter Serang AH-64 Apache Masih Tangguh, Bukukan 5 juta Jam Terbang

Beroperasi 40 Tahun Helikopter Serang AH-64 Apache Masih Tangguh, Bukukan 5 juta Jam Terbang

Foto : Helikopter Apache.-Beroperasi 40 Tahun Helikopter Serang AH-64 Apache Masih Tangguh, Bukukan 5 juta Jam Terbang-Airspace Review

PAGARALAMLOW.COM - Helikopter serang Boeing AH-64 Apache telah memasuki usia operasional selama 40 tahun dan telah membukukan lebih dari 5 juta jam terbang.

Apache telah menjadi helikopter serang berat andalan Angkatan Darat AS (US Army) sejak pertama kali digunakan pada bulan Januari 1984.

Hingga saat ini, lebih dari 2.700 unit heli AH-64 telah dikirim ke US Army dan 18 mitra internasional. Kantor Apache terus meningkatkan helikopter AH-64 sejak konfigurasi aslinya.

Hanya sedikit komponen yang tersisa dari desain pertama dan peningkatan telah menghasilkan helikopter serang utama di dunia. Versi terbaru Apache dirilis pada tahun 2020.

BACA JUGA:Rusia Luncurkan Nikolai Kamov, Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan

“Kami sangat bangga dengan sistem persenjataan dan kemajuan kemampuannya selama bertahun-tahun,” kata Kolonel Jay Maher, Manajer Proyek Apache.

Ditambahkan, Apache saat ini mengintegrasikan teknologi terbaru yang memungkinkan menggabungkan kemampuan baru yang selaras dengan prioritas pengguna.

Pengembangan Boeing AH-64 Apache dimulai dengan Model 77 yang dikembangkan oleh Hughes Helicopters untuk program Helikopter Serangan Tingkat Lanjut Angkatan Darat Amerika Serikat untuk menggantikan AH-1 Cobra.

Prototipe YAH-64 pertama kali terbang pada 30 September 1975. Angkatan Darat AS memilih YAH-64 daripada Bell YAH-63 pada tahun 1976 dan kemudian menyetujui produksi penuh pada tahun 1982.

BACA JUGA:Luar Biasa Satgas Kizi TNI Konga, Bantu Proses Maintenance Helikopter Pakistan Aviation

Setelah mengakuisisi Hughes Helicopters pada tahun 1984, McDonnell Douglas melanjutkan produksi dan pengembangan AH-64..

AH-64D Apache Longbow yang canggih dikirim ke Angkatan Darat pada bulan Maret 1997. Produksi dilanjutkan oleh Boeing Defense, Space & Security.

Apache terutama dioperasikan oleh Angkatan Darat AS dan menjadi helikopter serang utama di berbagai negara, termasuk Yunani, Jepang, Israel, Belanda, Singapura, dan Uni Emirat Arab.

Helikopter Apache juga dibangun di bawah lisensi di Inggris sebagai AgustaWestland Apache. AH-64 Amerika telah bertugas dalam konflik di Panama, Teluk Persia, Kosovo, Afghanistan, dan Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: