Simak Sejarah Dunia Ini, Tujuh Peradaban Kuno yang Memengaruhi Kita Saat Ini

Simak Sejarah Dunia Ini,  Tujuh Peradaban Kuno yang Memengaruhi Kita Saat Ini

Foto : Bangunan Colloseum peninggalan Romawi.-Simak Sejarah Dunia Ini, Tujuh Peradaban Kuno yang Memengaruhi Kita Saat Ini-National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Beberapa peradaban kuno telah memengaruhi kehidupan di masa lalu, masa kini, dan bahkan mungkin juga masa depan. 

Sejarah dunia mencatat peradaban kuno seperti Maya dan Romawi telah berkembang ribuan tahun yang lalu.

Namun kita masih dapat melihat jejak masyarakat canggih ini hingga saat ini.

Berikut ini tujuh peradaban kuno yang terkenal karena kecerdasan dan inovasinya. Mulai dari peradaban Sumeria kuno hingga Romawi kuno.

BACA JUGA:Eksplorasi Zaman Megalitikum, Mengungkap Sejarah Peradaban Kuno

1. Peradaban Sumeria (4500 SM hingga 1900 SM)

Sumeria Kuno, sebuah wilayah di Mesopotamia yang berada di atas dataran banjir bersama antara sungai Tigris dan Efrat, terkenal sebagai tempat berkembangnya peradaban pertama dalam sejarah manusia.

Sekitar 10.000 SM, “Bulan Sabit Subur” di Mesopotamia ini memungkinkan penduduk zaman dahulu untuk menetap dan menghidupi diri mereka sendiri dengan bertani.

Sekitar tahun 4500 SM, komunitas-komunitas ini (yang saat ini kita sebut bangsa Sumeria), dapat bercocok tanam secara berlimpah.

BACA JUGA:Peradaban Tertua di Dunia, Benarkah Kini Tak Lagi Dimiliki Irak?

Kondisi ini memungkinkan mereka dapat mendirikan kota-kota pertama di dunia tanpa merasa lapar.

Kota-kota Sumeria seperti Eridu, Uruk, dan Ur memiliki kompleks kuil dan istana yang tinggi. Bangsa Sumeria kuno juga berjasa menciptakan kata-kata tertulis.

Sekitar 5.000 tahun yang lalu, mereka menggores tablet tanah liat dengan sistem tulisan yang disebut paku.

Sistem ini memungkinkan mereka melacak pergerakan biji-bijian di seluruh wilayah mereka, berbagi cerita dan mitos, menyebarkan nasihat tentang pertanian dan memasak, serta tujuan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: