Argentina Borong F-16 Fighting Falcon, Inggris Langsung Cek Kesiapan Tempur di Falkland

Argentina Borong F-16 Fighting Falcon, Inggris Langsung Cek Kesiapan Tempur di Falkland

Foto : Jet tempur Falcon-Argentina Borong F-16 Fighting Falcon, Inggris Langsung Cek Kesiapan Tempur di Falkland-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Invasi Argentina ke Kepulauan Falkland (Inggris) dalam Perang Malvinas telah berlalu lebih dari 40 tahun, namun, bara kecurigaan Inggris kepada Argentina belum sirna sampai saat ini.

London sebisa mungkin tetap melakukan embargo atas penggunaan komponen persenjataan yang berasal dari perusahaan asal Inggris yang akan dijual ke Argentina.

Terlebih dengan kabar terbaru, yakni akuisisi 24 unit jet tempur F-16 AB/BM bekas pakai Denmark oleh Argentina, rupanya telah mengundang sorotan dari petinggi pertahanan Inggris.

Seperti dikutip ukdefencejournal.org.uk (26/4/2024), saat ini tengah muncul kekhawatiran atas ‘kelayakan’ standar pertahanan udara Inggris di Kepulauan Falkland, yakni merespon dari akusisi jet tempur F-16 oleh Argentina, yang dibeli lengkap dengan persenjataannya.

BACA JUGA:Rayakan 50 Tahun F-16 Fighting Falcon, Lebih Dari 40 Elang Penempur Berkumpul Di Lanud Edwards

Anggota Parlemen Robert Buckland, yang juga Ketua Komite Urusan Irlandia Utara, mengajukan pertanyaan kritis kepada Menteri Pertahanan, yang meminta klarifikasi mengenai postur pertahanan Inggris saat ini di Atlantik Selatan.

Dalam tanggapan resminya, Leo Docherty, Menteri Negara Kementerian Pertahanan dan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris, meyakinkan bahwa kesiapan pertahanan terus dikaji untuk mengatasi berbagai perkembangan.

Ia menegaskan komitmen Inggris untuk menjamin keamanan Kepulauan Falkland, dengan menyatakan, “Kami menjaga postur pertahanan kami di Atlantik Selatan dalam peninjauan rutin untuk memperhitungkan seluruh perkembangan.

Saya puas bahwa kehadiran militer saat ini di Atlantik Selatan dengan berada pada tingkat yang tepat untuk menjamin pertahanan kepulauan tersebut.”

BACA JUGA:Tepat 34 Tahun Silam, Perdana F-16 Fighting Falcon Di Tiba Di Indonesia

Kepulauan Falkland saat ini menjadi pos terdepan bagi kehadiran militer Inggris yang kuat, termasuk keberadaan pangkalan udara RAF Mount Pleasant yang menyediakan jembatan udara penting antara pulau-pulau tersebut dan wilayah Inggris di seberang lautan.

Pasukan Inggris yang ditempatkan di sana terdiri dari kompi infanteri, baterai pertahanan udara (hanud), flight jet tempur Typhoon, dan armada kapal patroli yang berotasi dari Angkatan Laut Inggris.

Dalam aspek hanud, Angkatan Darat Inggris menempatkan Sky Sabre Air Defence System di Falkland. Berita penempatan Sky Sabre Air Defence System diwartakan oleh armyrecognition.com (1/2/2022).

Tidak dijelaskan berapa unit baterai Sky Sabre yang ada di Malvinas. Sejak konflik 1982, Inggris menempatkan garnisun di Falkland, yang terdiri dari elemen matra darat, laut dan udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: