Ikuti Jejak Arhanud TNI AD, Korps Marinir Kepincut Gunakan Rudal Starstreak dan Martlet

Ikuti Jejak Arhanud TNI AD, Korps Marinir Kepincut Gunakan Rudal Starstreak dan Martlet

PAGARALAMPOS.COM - Meski belum ada kabar seputar kontrak pengadaan, namun, ada potensi satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Korps Marinir akan diperkuat dengan rudal hanud MANPADS (Man Portable Air Defence System) Starstreak, mengikuti langkah Arhanud TNI AD yang lebih dulu mengadopsi rudal hanud produksi Thales Air Defence itu.

Pengadaan rudal hanud untuk Arhanud Korps Marinir menjadi kebutuhan, mengingat jenis rudal hanud yang ada sudah berusia tua (Strela).

Dikutip dari Dispen Korps Marinir, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi bersama rombongan melaksanakan kunjungan ke fasilitas workshop PT Cipta Teknik Berjaya di Kompleks Pergudangan Taman Tekno Blok Serpong Kota Tangerang, Selasa (23/04/2024).

Kunjungan kerja Dankormar adalah untuk meninjau peralatan dan persenjataan pertahanan yang diintegrasikan PT Cipta Teknik Berjaya dan akan digunakan Prajurit Petarung Korps Marinir.

BACA JUGA:Dukung Operasional di Medan Papua, Korps Marinir Dibekali Drone Copter Dukung Tugas Intai

Sebelumnya orang nomor satu di jajaran Korps Marinir tersebut menerima paparan tentang karakteristik senjata yang dilanjutkan Tour Facilty untuk melihat dari dekat produk-produk yang telah dipaparkan.

Disela-sela kunjungannya Dankormar mengatakan bahwa kegiatan kunjungan kerja ini untuk mengenal dan melihat secara langsung apakah peralatan kesenjataan yang ditawarkan kepada Korps Marinir benar-benar nantinya dapat memberikan efek daya guna dan hasil guna dalam melengkapi sistem persenjataan Korps Marinir.

Dari foto-foto yang dipublikasi saat kunjungan Dankormar ke PT Cipta Teknik Berjaya, nampak jelas sistem hanud Starstreak, termasuk rudal yang Starstreak pada platform LML (Lightweight Multiple Launcher).

Yakni peluncur manual yang ditopang oleh mono tripod dengan kapasitas tiga tabung peluncur siap tembak. LML dapat digelar statis di ground dan ditempatkan pada kendaraan sejenis Land Rover Defender.

BACA JUGA:Rogoh Kocek Dalam, Senikai US$32,4, Korps Marinir AS Borong 22 Unit F-5 E/F Tiger II Swiss

Dalam foto yang dipublikasi juga nampak rudal Starstreak RCWS RAPIDRanger yang dipasang pada kendaraan VAMTAC (Vehículo de Alta Movilidad Táctico) ST5 4×4 produksi URO Vehículos Especiales (UROVESA).

Pola RAPIDRanger sedikit banyak mirip dengan rudal MANPADS Mistral yang dipasang dengan RCWS pada rantis Renault Sherpa Light TNI AD. Jumlah rudal yang siap ditembakkan dalam satu kubah serupa, yakni ada empat peluncur.

Selain bisa ditembakkan oleh gunner di dalam kabin rantis, sistem RCWS Mistral dan Starstreak RAPIDRanger dapat dikendalikan secara terintegrasi oleh unit command and control.

Secara umum, Sistem rudal SHORAD Starstreak hadir dalam tiga varian platform, yaitu peluncur bahu (shoulder-launched), peluncur ringan yang mampu menembakkan tiga rudal melalui tripod (lightweight multiple launcher).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: