Mengulik Sejarah Suku Kubu di Indonesia, Suku Tradisional di Pedalaman Sumatera

Mengulik Sejarah Suku Kubu di Indonesia, Suku Tradisional di Pedalaman Sumatera

Mengulik Sejarah Suku Kubu di Indonesia, Suku Tradisional di Pedalaman Sumatera-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Suku Kubu berasal dari Provinsi Jambi, Sumatera Selatan. Suku Kubu dikenal juga sebagai Suku Anak Dalam. Perkiraan populasi mereka adalah sekitar 200.000 orang.

Secara garis besar, Suku Kubu mendiami 3 wilayah ekologis yang berbeda di Jambi, yaitu di sekitar Taman Nasional Bukit 30, Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah selatan Provinsi Jambi. 

Kata primitif lekat dengan Suku Kubu pasalnya masyarakat suku ini tinggal di pedalaman dan minim berinteraksi dengan dunia luar. Suku Kubu dikenal teguh mempertahankan cara hidup mereka meskipun arus deras modernisasi tidak bisa dibendung di seluruh wilayah.

Mereka tetap hidup secara nomaden dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berburu dan meramu. Meski begitu, sudah banyak yang memiliki lahan karet dan pertanian sekarang.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Menakjubkan! Ternyata Ini Sejarah Suku Kubu di Indonesia, Habitat Tradisional di Pedalaman SumateraDi pedalaman pulau Sumatera, terdapat suku yang kaya akan keberagaman budaya dan kearifan lokalnya - Suku Kubu. 

Asal usul Suku Kubu atau Suku Anak Dalam diketahui dari kisah lisan masyarakat tersebut, sebab tidak ada catatan resmi soal asal-usul Suku Kubu ini.

Konon, nenek moyang Suku Kubu berasal dari Maalau Sesat. Mereka melarikan diri ke hutan rimba yang ada di Air Hitam, Taman Nasional Bukit 12. Orang Maalau Sesat yang lari tersebut disebut sebagai Moyang Segayo.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa masyarakat Suku Kubu berasal dari Pagaruyung yang mengungsi ke Jambi. Pendapat ini didukung kesamaan bahasa dan tradisi antara Suku Kubu dan Minangkabau.

BACA JUGA:Menjelajah Sejarah Perkembangan Emas di Sumatera Sejak Zaman Belanda

BACA JUGA:Mengulik 7 Fakta Menarik Tentang Wayang Kulit yang Menyimpan Kisah Bersejarah di Dalamnya

Mari kita menjelajahi keunikan dan kehidupan masyarakat Suku Kubu yang tak hanya menarik, tetapi juga memberikan wawasan tentang harmoni dengan alam.

1. Habitat Tradisional di Pedalaman Sumatera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: