Imbas Perang Ukraina, MBDA Systems Genjot Produksi Rudal Mistral

Imbas Perang Ukraina, MBDA Systems Genjot Produksi Rudal Mistral

PAGARALAMPOS.COM - Nama rudal Mistral produksi MBDA Missile Systems yang berbasis di Perancis, sangat lekat dibenak netizen Indonesia, pasalnya Mistral sampai saat ini menjadi rudal hanud (pertahanan udara) dengan populasi terbesar di Indonesia, yang digunakan oleh Arhanud TNI AD dan pada kapal perang TNI AL.

Nah, belum lama ada kabar dari Perancis, bahwa MBDA telah meningkatkan kapasitas produksi rudal hanud SHORAD (Short Range Air Defence) MANPADS (Man Portable Air Defence System) ini.

Berdasarkan keterangan Menteri Pertahanan Prancis, Sébastien Lecornu pada pengumuman yang diterbitkan pada 22 April 2024, “Seiring meningkatkanya permintaan, pada tahun 2022 kapasitas produksi Mistral telah ditingkatkan dari 10 menjadi 40 unit per bulan.”

Peningkatan produksi ini mencerminkan respons strategis terhadap meningkatnya permintaan peralatan militer yang dipicu oleh konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

BACA JUGA:Iran Rilis Sistem Rudal Hanud Khordad 15, Mampu Melacak Musuk Berjarak 150 Km

Pada awal Maret 2024, MBDA Missile Systems mengungkapkan rencana untuk mempercepat pengiriman rudal Mistral dengan berkomitmen melakukan investasi besar sebesar 2,4 miliar euro pada fasilitas manufakturnya selama lima tahun ke depan.

Keputusan investasi ini diambil setelah perusahaan mencapai rekor penerimaan pesanan pada tahun 2023, dengan total 9,9 miliar euro—lebih dari dua kali lipat pendapatan tahun sebelumnya.

Lonjakan pesanan ini terutama dipicu oleh meningkatnya permintaan sistem anti-pesawat dari negara-negara Eropa, yang didorong oleh kebutuhan untuk meningkatkan pertahanan setelah konflik Ukraina meletus pada Februari 2022.

Konflik di Ukraina telah mengalihkan fokus dari sekadar menilai kinerja rudal menjadi meningkatkan laju dan siklus produksi guna memenuhi kebutuhan mendesak banyak negara, terutama negara di Eropa.

BACA JUGA:Setelah Hermes 450, Hizbullah Tembak Jatuh Drone Hermes 900 Israel Dengan Rudal Hanud 358

Negara-negara seperti Perancis, Polandia, Inggris, Italia, dan yang berpotensi terimbas konflik, kini berupaya mengamankan jumlah stok rudal yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih cepat.

Buku pesanan MBDA menunjukkan peningkatan yang luar biasa selama tiga tahun berturut-turut, yang berpuncak pada total 28 miliar euro pada akhir tahun 2023. Pertumbuhan ini dibarengi dengan peningkatan pendapatan sebesar 7%, mencapai 4,5 miliar euro.

Poros strategis perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi tidak hanya sejalan dengan permintaan pasar saat ini namun juga memposisikan MBDA sebagai pemain penting di sektor pertahanan global di tengah konflik internasional yang sedang berlangsung.


Foto : Rudal Mistral sebagai sistem hanud.-Imbas Perang Ukraina, MBDA Systems Genjot Produksi Rudal Mistral,-Indomiliter.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: