Mengulik Kembali Kisah Sejarah Peradaban Suku Jawa yang Kaya Akan Raga, Budaya dan Keragaman Agama

Mengulik Kembali Kisah Sejarah Peradaban Suku Jawa yang Kaya Akan Raga, Budaya dan Keragaman Agama

Mengulik Kembali Kisah Sejarah Peradaban Suku Jawa yang Kaya Akan Raga, Budaya dan Keragaman Agama -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Budaya Suku Jawa terbagi menjadi Budaya dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Budaya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini merupakan salah satu warisan terbesar yang dimiliki Indonesia sampai saat ini.

Menariknya, budaya Jawa membentuk karakteristik yang unik dan berbeda dengan budaya daerah lainnya di Tanah Air. Sebagai salah satu suku bangsa terbesar yang dimiliki Indonesia, Suku Jawa punya cerita sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari.

Sebab, budaya Jawa yang ada saat ini adalah warisan para leluhur di zaman dahulu. Lantas, apa semua budaya Suku Jawa bersifat asli? Tidak, lho! Hadirnya budaya Jawa di Indonesia tidak lepas dari peran dan pengaruh ajaran Budha, Hindu, dan Islam.

Masyarakat Jawa merupakan gabungan masyarakat Asia Selatan yang bercampur/berbaur dengan masyarakat Austronesia  kemudian.

BACA JUGA:Mengulik 7 Fakta Menarik Tentang Wayang Kulit yang Menyimpan Kisah Bersejarah di Dalamnya

BACA JUGA:Sejarahnya Mirip Tembok Besar Riongkok, Begin Muasal Tembok Hadrian Peninggalan Romawi

Setelah sekian lama berinteraksi dengan  masyarakat Austronesia, penduduk pertama pulau Jawa mulai menggunakan bahasa Austronesia sebagai bahasa utama mereka, sehingga mereka memiliki sekitar 20-30% gen Austronesia dan 50-60% gen Austronesia. Suku Jawa adalah suku bangsa yang sebagian besar tinggal di Pulau Jawa.

Masyarakat Jawa banyak dijumpai di daerah tempat berdirinya Kerajaan Mataram. Komunitas ini tersebar tidak hanya  di seluruh Pulau Jawa namun juga di seluruh Indonesia.

Pasalnya, masyarakat Jawa ikut serta dalam proyek kebangkitan di bawah rezim Orde Baru. Kehebatan masyarakat Jawa tidak lepas dari sejarah panjangnya. Capaian kebudayaan peradaban Jawa termasuk yang paling maju.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Tidak banyak orang yang tahu tentang suku Jawa. Hal ini memungkinkan Anda untuk merangkum dan belajar dari berbagai sumber sejarah Jawa.

1. Menurut Arkeolog
Teori mengenai asal-usul suku Jawa pertama kali dikemukakan oleh para arkeolog. Mereka meyakini bahwa nenek moyang suku Jawa adalah penduduk pribumi yang tinggal jutaan tahun yang lalu di pulau ini.

Berdasarkan berbagai penelitian, arkeolog menemukan beberapa fosil manusia purba yang dipercaya sebagai asal-usul suku Jawa seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo Erectus. Fosil tersebut dilakukan tes DNA dengan suku Jawa pada masa kini, hasil DNA tersebut menyatakan tidak ada perbedaan yang jauh satu antara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: