Mengungkap Sejarah Peradaban Kehidupan Masyarakat Kuno India Zaman Dahulu

Mengungkap Sejarah Peradaban Kehidupan Masyarakat Kuno India Zaman Dahulu

Mengungkap Sejarah Peradaban Kehidupan Masyarakat Kuno India Zaman Dahulu -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - India Kuno adalah anak benua India dari India prasejarah hingga abad pertengahan, umumnya berasal dari (ketika istilah ini masih digunakan) hingga akhir Kekaisaran Gupta sekitar tahun 500 Masehi.

Tergantung pada konteksnya, istilah-istilah India kuno mungkin termasuk. negara-negara modern seperti Bangladesh, India, Maladewa, Nepal, Pakistan  dan Sri Lanka, meskipun wilayah ini memiliki perbedaan budaya yang besar.

Manusia pertama datang ke India puluhan ribu tahun  lalu. Sekitar 9.000 tahun yang lalu, masyarakat mulai mengembangkan pertanian dengan menanam gandum.

Mereka juga memelihara hewan termasuk kambing, domba dan sapi. Sumber pangan baru ini meningkatkan populasi dan berarti hanya sebagian kecil masyarakat yang menghabiskan hari-harinya untuk memproduksi pangan; yang lain mungkin tertarik pada hal lain, termasuk kerajinan tangan, perkembangan teknologi, agama, dan peperangan.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Di antara perkembangan teknologi tersebut adalah penemuan metalurgi: sekarang, manusia dapat memproduksi perunggu untuk senjata dan peralatan.Oleh karena itu, kebangkitan pertanian menyebabkan spesialisasi dan kemajuan masyarakat manusia menjadi peradaban.

Peradaban India Kuno merupakan peradaban yang terletak di sepanjang Sungai Indus.Di mana berpusat di Kota Mohenjodaro dan Harappa.

Peradaban India Kuno diperkirakan sudah ada sekitar 2500 sebelum masehi.Pada masa itu Kota Mohenjodaro dan Harappa sudah tertata rapi.

Penduduk yang dari peradaban tersebut adalah bangsa Dravida.

BACA JUGA:Menjelajah Sejarah Perkembangan Emas di Sumatera Sejak Zaman Belanda

BACA JUGA:Mengulik 7 Fakta Menarik Tentang Wayang Kulit yang Menyimpan Kisah Bersejarah di Dalamnya

Bangsa Dravida memiliki ciri-ciri tubuh pendek, hidung pesek, rambut keriting hitam dan kulit berwarna hitam.Di mana bangsa Dravida telah membangun saluran pembuangan dengan dilengkapi saluran sanitasi.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), peradaban India disebut juga peradaban lembah Indus atau peradaban Harappa.Peradaban tersebut diperkirakan sudah ada sekitar 2500-1700 sebelum masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: