Menjelajahi Jejak Sejarah dan Kebudayaan Suku Batak yang Unik dan Menarik

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Kebudayaan Suku Batak yang Unik dan Menarik

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Kebudayaan Suku Batak yang Unik dan Menarik -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Suku Batak merupakan Suku  terbesar ketiga di Indonesia setelah Suku Jawa dan Sunda.

Mengutip  buku Ethnic Groups of Sumatra karya Giyanto, nenek moyang suku Batak adalah kelompok Proto-Melayu atau dikenal dengan kelompok Melayu Kuno.

Awalnya kelompok Proto Melayu berasal dari Asia Selatan.Kemudian mereka bermigrasi ke Indonesia melalui pulau Sumatera melalui semenanjung Melayu.

Setelah sampai di Pulau Sumatera, rombongan menetap di sekitar Danau Toba, sebelah utara Sumatera. Kemudian kelompok pertama menetap di Sianjur.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Seiring berjalannya waktu, permukiman ini berkembang dan menyebar ke wilayah di sekitarnya. Bicara mengenai asal-usul dan sejarah Suku Batak memang terkadang menimbulkan kerancuan karena terdapat banyak versi.

Hal ini diduga karena minimnya catatan sejarah dan literatur yang ditemukan, sehingga asal-usul dari suku ini belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Rumah adat Suku Batak dinamakan Rumah Bolon.

Rumah Bolon bila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “rumah besar” yang merupakan suatu penggambaran dari rumah Bolon yang memang berukuran besar yaitu memiliki panjang sekitar 10-20 meter. Dilihat dari jenisnya, rumah Bolon termasuk ke dalam jenis rumah panggung dengan ketinggian dua meter dimana baik penyangga atau pun dindingnya terbuat dari kayu.

BACA JUGA:Menjelajah Sejarah Perkembangan Emas di Sumatera Sejak Zaman Belanda

BACA JUGA:Mengulik 7 Fakta Menarik Tentang Wayang Kulit yang Menyimpan Kisah Bersejarah di Dalamnya

Keunikan rumah Bolon terletak pada dindingnya yang miring, dimana semakin ke atas akan semakin lebar. Serta pada bagian atas dinding dihiasi oleh ornamen ukiran khas Sumatera utara.

Selain itu Keunikan lainnya adalah anak tangga yang dibuat untuk menuju pintu masuk dibuat dalam jumlah yang selalu ganjil. Bahasa Batak terbagi ke dalam beberapa logat tergantung dari Puak mana ia berasal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: