Baru Tau, Begini Cara Orang Romawi Bawa Hewan Buas Ke Colosseum

Baru Tau, Begini Cara Orang Romawi Bawa Hewan Buas Ke Colosseum

PAGARALAMPOS.COM - Amfiteater raksasa bernama Colosseum menjadi salah satu ikon Kota Roma, Italia. Pembangunan Colosseum dimulai di bawah pemerintahan kaisar Romawi, Vespasianus antara tahun 70 dan 72 Masehi.

Bangunan yang telah selesai diresmikan pada tahun 80 Masehi oleh Titus, putra dan penerus Vespasianus.

Layaknya amfiteater lainnya, Colosseum dibangun menjadi tempat hiburan, termasuk tuan rumah pertarungan gladiator. Diketahui bahwa gladiator Romawi biasanya adalah budak, penjahat atau tawanan perang.

Diketahui, tidak hanya bertarung dengan sesama gladiator, ada juga pertarungan dengan hewan sebut saja beruang, badak, harimau, jerapah hingga gajah.

BACA JUGA:Kisah Pilu Kehidupan Budak di Peradaban Romawi Kuno, Tragisnya Diberlakukan Seperti Ini

Kontes antara hewan buas dengan hewan buas atau manusia dikenal dengan nama venationes yang berarti perburuan hewan (animal hunts). Mereka yang terlibat dalam ekshibisi ini adalah tawanan, penjahat yang dihukum atau pemburu hewan tradisional.

Lantas, bagaimana hewan-hewan itu bisa sampai di Roma? Dilansir dari Ancient World Magazine, sampai dengan abad pertama Sebelum Masehi, negara-negara Timur Tengah yang berbatasan dengan Mediterania.

Menyediakan beberapa spesies kucing (feline). Harimau melakukan perjalanan mereka secara ekstensif sebelum mencapai Roma.

Mereka diambil dari India dan dilihat oleh orang Romawi untuk pertama kalinya pada abad pertama Sebelum Masehi bahkan sebelum pembangunan Colosseum.

BACA JUGA:Misteri Catuvellauni, Suku Inggris yang Tangguh, Berani Menentang Kekaisaran Romawi

Di Italia dan negara-negara Eropa lainnya dapat ditemui berbagai hewan termasuk beruang, banteng, bison dan lainnya.

Biaya penangkapan, transportasi dan pemeliharaan dari Afrika maupun Asia dapat dimengerti jauh lebih tinggi daripada hewan yang berasal dari Italia maupun Eropa.

Sebagai informasi, meski Colosseum diresmikan pada tahun 80 M, laporan tentang pertunjukkan berburu sudah ada dari sebelumnya.

Pada saat peresmian Colosseum, Nero membawa 300 singa dan 400 beruang, selama 100 hari lamanya pesta dan permainan diatur oleh Titus.

BACA JUGA:Temuan Vila dan Mosaik dari Era Kekaisaran Romawi, Siapa Pemiliknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: