Sulap Rumah Dirut Jadi Museum, Ini Upaya Pj Bupati Lahat Hidupkan Kembali Taman Rekreasi Ribang Kemambang

Sulap Rumah Dirut Jadi Museum, Ini Upaya Pj Bupati Lahat Hidupkan Kembali Taman Rekreasi Ribang Kemambang

Sulap Rumah Dirut Jadi Museum, Ini Upaya Pj Bupati Lahat Hidupkan Kembali Taman Rekreasi Ribang Kemambang--

PAGARALAMPOS.COM - Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi memiliki ide cemerlang untuk menghidupkan kembali Taman Rekreasi Ribang Kemambang Lahat yang kini mulai sepi pengunjung. Dengan memanfaatkan Rumah Dirut yang kosong di area taman tersebut, Muhammad Farid berencana menjadikannya sebagai Museum Lahat Tempo Doeloe.

Rumah Dirut yang saat ini tidak berfungsi akan diubah fungsinya menjadi sebuah museum yang akan menampilkan berbagai artefak sejarah Kabupaten Lahat.

Museum ini akan dilengkapi dengan foto-foto pejuang, peninggalan zaman penjajahan, serta artefak-arteafak pra sejarah yang ada di Kabupaten Lahat.

"Rumah Dirut ini kan kosong, kita jadikan museum saja. Biar para generasi muda dan pengunjung dari luar, bisa lebih mudah mengetahui sepenggal sejarah tentang Kabupaten Lahat," ungkap Muhammad Farid saat ditemui dalam acara gotong royong pembersihan area Taman Rekreasi Ribang Kemambang Lahat, Jumat (19/4/2024).

BACA JUGA:Prediksi Pakar! Ini yang Akan Terjadi Setelah Halving BTC

Selain transformasi Rumah Dirut menjadi museum, Muhammad Farid juga berencana untuk menambahkan ornamen bertulisan aksara Ka-Ga-Nga.

Aksara ini merupakan ejaan pada masa lalu yang menjadi identitas budaya Kabupaten Lahat.

Menurutnya, identitas budaya seperti aksara Ka-Ga-Nga harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang ditelan zaman.

"Untuk menghidupkan kembali Taman Rekreasi Ribang Kemambang ini, dibutuhkan suatu hal yang menarik perhatian pengunjung. Rumah Dirut ini bisa jadi solusi, untuk menarik perhatian, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum untuk kembali menghidupkan Taman Rekreasi Ribang Kemambang," tambahnya.

BACA JUGA:Terlalu Banyak Jadi Susah Bedakan Mana Permaisuri dan Selir. Inilah Kisah Raja dengan 151 Istri

Transformasi Rumah Dirut menjadi Museum Lahat Tempo Doeloe diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi pengunjung.

Dengan adanya museum ini, para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan taman rekreasi, tetapi juga dapat belajar tentang sejarah dan budaya Kabupaten Lahat.

Reaksi Masyarakat

Rencana Pj Bupati Lahat ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: