Gilaa, Iran Mampu Hancurkan Jet Tempur Lawan Dari Jarak 300 Km, Miliki Hanud Bavar-373 dan Rudal Sayyad

Gilaa, Iran Mampu Hancurkan Jet Tempur Lawan Dari Jarak 300 Km, Miliki Hanud  Bavar-373 dan Rudal Sayyad

PAGARALAMPOS.COM - Ditengah ancaman serangan balasan Israel ke Iran, pada hari ini, 18 April 2024, Angkatan Darat Iran merayakan hari jadinya (Iran Army Day) ke-103 lewat sebuah parade militer di Teheran. Dari serangkaian alutsista yang dipamerkan, mata dunia tertuju pada sistem senjata pertahanan udara (hanud) Iran.

Pasalnya atas titah dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, maka Israel dalam waktu dekat akan melancarkan serangan udara ke Israel, dan kemampuan hanud Iran akan diuji untuk bisa menghadapinya.

Dan ketika Israel mengancam akan mengerahkan drone dan jet tempur stealth F-35 Lightning II, maka sistem hanud Bavar-373 diharapkan oleh rakyat Iran untuk dapat mengeliminasi ancaman yang datang dari Negeri Zionis.

Kecanggihan sistem hanud Bavar-373 tidak bisa dilepaskan dari elemen rudal rudal Sayyad series yang menjadi ujung tombak eksekutor.

BACA JUGA: Perang Rudal dan Drone Iran vs Israel, Ini Dia 8 Fakta Terbaru!

Sistem hanud Bavar-373 diluncurkan dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani dan Komandan Angkatan Pertahanan Udara Republik Islam Iran (IRIADF) Brigadir Jenderal Alireza Sabahifard, dan pada 6 November 2022, disebutkan militer Iran telah meluncurkan rudal hanud jarak jauh Sayyad 4B dari sistem hanud Bavar-373

Media Iran melaporkan bahwa rudal Sayyad 4B telah berhasil menyerang target dengan jarak lebih dari 300 km selama uji coba.

Yang artinya meningkat 200 km dari yang dicapai varian rudal Sayyad sebelumnya. Dilaporkan juga bahwa ketinggian maksimum rudal telah ditingkatkan dari 27 km menjadi 32 km.

BACA JUGA:Ketegangan Timur Tengah Mencapai Puncak, Israel Siap Berbalas Serangan Iran, Apa Akibatnya?

Tidak itu saja, radar pada sistem hanud Bavar-373 juga telah ditingkatkan, dan selama pengujian mampu mendeteksi target pada jarak 450 km. Naik 350 km dari varian sebelumnya, dan melacak sasaran pada jarak 405 km, atau naik dari sebelumnya 260 km.

Kantor Berita Tasnim mengutip keterangan dari Brigjen Sabahifard yang mengatakan bahwa target drone berhasil dihancurkan pada ketinggian 40.000 kaki (12,2 km). Pada bulan Oktober 2022, komandan IRIADF mengatakan bahwa uji coba Bavar-373 telah dimulai pada jarak tembak 300 km.


Foto : Rudal yang dimiliki militer Iran.-Gilaa, Iran Mampu Hancurkan Jet Tempur Lawan Dari Jarak 300 Km, Miliki Hanud Bavar-373 dan Rudal Sayyad-Indomiliter.com

Militer Iran belum mengumumkan bahwa sistem hanud tersebut telah memasuki layanan, meski begitu Bavar-373 telah dipromosikan sebagai produk ekspor dengan nama AD-200.

Keterangan pada brosur menyebutkan bahwa rudal Sayyad 4 dengan solid fuel memiliki panjang 7,5 meter, diameter 515 mm, berat total 2.050 kg dengan hulu ledak Frag-HE seberat 180 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: