Bikin Merinding, Ditemukan 30 Peti Mati di Kuburan Kuno, Penjelasan Arkeolog Mesir Berusia 3000 Tahun

Bikin Merinding, Ditemukan 30 Peti Mati di Kuburan Kuno, Penjelasan Arkeolog Mesir Berusia 3000 Tahun

PAGARALAMPOS.COM - Tim arkeolog Mesir secara tidak sengaja menemukan 30 peti mati kayu kuno dengan mumi di dalamnya. Penemuan ini jadi yang terbesar dalam lebih dari satu abad.

Dilansir Reuters, mumi ini ditemukan di Kota Luxor. Kementerian Purbakala Mesir mengatakan peti mati kayu kuno ini ditemukan di sebuah tempat persembunyian di pemakaman Al-Asasif di tepi barat Luxor.

"Ini adalah peti mati-peti mati manusia besar pertama yang ditemukan sejak akhir abad ke-19," kata Menteri Barang Antik Mesir Khaled El-Enany seperti dikutip dalam sebuah upacara di Luxor.

Peti mati yang diukir dan dicat dengan rumit, berusia tiga ribu tahun, ditutup dengan mumi di dalam dan berada dalam "kondisi pelestarian, warna, dan prasasti yang baik," tambah pernyataan itu.

BACA JUGA:Para Arkeolog Dunia Dilarang Mengganggu Kuburan Kuno di Arab

Pemimpin tim penggalian, Mostafa Waziri, mengatakan peti tersebut berisi imam pria, wanita, dan anak-anak. Peti tersebut berasal berasal dari abad ke 10 SM di bawah kekuasaan dinasti Firaun ke-22.


Foto : Tekuan peti mati kuno.-Bikin Merinding, Ditemukan 30 Peti Mati di Kuburan Kuno, Penjelasan Arkeolog Mesir Berusia 3000 Tahun-Google.com

Peti mati itu akan menjalani pemulihan sebelum dipindahkan ke ruang pameran di Museum Mesir Besar. Museum itu akan dibuka tahun depan di sebelah piramida Giza.

Penemuan ini adalah yang terbaru dari serangkaian penemuan besar peninggalan kuno yang Mesir yang diharapkan akan menghidupkan kembali sektor pariwisata yang telah terpukul oleh ketidakstabilan politik sejak pemberontakan 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak.

BACA JUGA:Mengejutkan, Temuan Ratusan Kuburan Kuno di Lembah Ebro, Ternyata Ada Jejak Sejarah Kejayaan Muslim di Spanyol

Awal bulan ini, Mesir meluncurkan dua penemuan arkeologis di Luxor termasuk zona industri di Lembah Barat kota, juga dikenal sebagai Lembah Monyet.


Foto : Arkeolog teliti peti mati kuno.-Bikin Merinding, Ditemukan 30 Peti Mati di Kuburan Kuno, Penjelasan Arkeolog Mesir Berusia 3000 Tahun-Google.com

Sumber lain, temuan sebuah kuburan langka berisi 30 peti mati kuno di Lembah Para Raja Luxor, Asasif sebuah necropolis di tepi barat Sungai Nil.

Peti-peti ini terdiri dari mumi laki-laki, perempuan, dan anak-anak yang diyakini sebagai keluarga. 

Ukiran berupa lukisan ular, burung, bunga lotus, dan hieroglif yang menghiasi peti mati terlihat jelas dan diperkirakan berusia sekitar 3.000 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: