Baru Tau, Ternyata Wilayah Ini Asal Usulnya Peradaban Maya Kuno

Baru Tau, Ternyata Wilayah Ini Asal Usulnya Peradaban Maya Kuno

Foto : Wilayah peradaban Maya.-Baru Tau, Ternyata Wilayah Ini Asal Usulnya Peradaban Maya Kuno-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Peradaban Maya berkembang di wilayah Mesoamerika, yang terbentang dari Meksiko utara sampai Amerika Tengah bagian selatan. Mesoamerika merupakan salah satu tunas Peradaban di dunia.

Wilayah Mesoamerika mengalami serangkaian perkembangan budaya yang meliputi masyarakat kompleks, pertanian, kota, arsitektur monumental, aksara, dan sistem kalender.

Beberapa ciri peradaban-peradaban Mesoamerika adalah pengetahuan astronomi, pengorbanan manusia dan darah.

Serta mitologi yang membagi dunia tidak hanya menjadi empat bagian yang sejalan dengan arah mata angin (masing-masing dengan ciri yang berbeda), tetapi juga menjadi tiga, yaitu dunia langit, dunia bumi, dan dunia bawah.

BACA JUGA:Fakta Unik Mengerikan Suku Maya Kuno, Ada Ritual Mengerikan

Pada 6000 SM, para penduduk Mesoamerika mulai melakukan domestikasi tumbuhan, dan proses ini menghasilkan masyarakat pertanian yang menetap di satu tempat untuk waktu yang lama.

Iklim yang beragam menghasilkan jenis tanaman yang juga beraneka ragam, tetapi semua wilayah di Mesoamerika memiliki beberapa tanaman utama, yaitu jagung, kacang, dan labu.[6] Semua peradaban di Mesoamerika memiliki teknologi Zaman Batu; setelah tahun 1000 M, perunggu, perak, dan emas mulai ditempa.


Foto : Jejak sejarah peradaban Maya.-Baru Tau, Ternyata Wilayah Ini Asal Usulnya Peradaban Maya Kuno-Google.com

Wilayah Mesoamerika tidak memiliki hewan pekerja, belum menemukan roda, dan hanya memiliki segelintir hewan hasil domestikasi; transportasi utama di Mesoamerika pada zaman dahulu adalah dengan berjalan kaki atau menggunakan kano.

Orang-orang di Mesoamerika percaya bahwa dunia itu tidak bersahabat bagi manusia dan diperintah oleh dewa-dewi yang tidak dapat diprediksi. Di Mesoamerika, ritual permainan bola sering dipraktikkan.

BACA JUGA:Pengorbanan darah Bangsa Maya kuno, Berikut 7 Tradisi Suku Maya yang Mengerikan

Mesoamerika juga merupakan kawasan dengan keanekaragaman bahasa, dan sebagian besar bahasa-bahasa di kawasan tersebut tergolong ke dalam beberapa rumpun bahasa, seperti rumpun bahasa Maya, Mixe-Zoque, Otomanguea, dan Uto-Aztek.

Terdapat pula beberapa bahasa yang merupakan bahasa isolat (tak berkerabat). Kawasan bahasa Mesoamerika sendiri memiliki beberapa ciri-ciri utama, yaitu banyaknya kata serapan dan penggunaan sistem bilangan perduapuluhan (berasaskan 20).

Wilayah peradaban Maya mencakup sepertiga kawasan Mesoamerika. Dan orang-orang Maya juga menjalin hubungan dengan peradaban-peradaban tetangga seperti Olmek, Mixtek, Teotihuacan, dan Aztek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: