Strategi Perang Kuno dalam Sejarah Dunia, Bikin Kaget Dahulu Ada Bom Ular Berbisa

Strategi Perang Kuno dalam Sejarah Dunia, Bikin Kaget Dahulu Ada Bom Ular Berbisa

PAGARALAMPOS.COM - Selama manusia hidup di Bumi, mereka selalu menemukan alasan untuk saling berselisih, membunuh, atau berperang. Seiring berjalannya waktu, manusia pun menjadi cukup mahir dalam hal itu.

Maka tidak mengherankan jika selama bertahun-tahun tentara menemukan beberapa cara yang cukup inventif untuk mendapatkan keuntungan dari musuh.

Sebagian besar strategi perang pun ditiru dan disempurnakan oleh tentara modern. Namun, cukup mengejutkan betapa kreatifnya tentara kuno dalam hal seni berperang.

Berikut adalah beberapa taktik peperangan kuno yang mengejutkan, tetapi sering kali efektif dalam sejarah dunia kuno.

BACA JUGA:Api Yunani yang Hilang: Senjata Misterius dari Bizantium

Perang biologis Bangsa Het Era 1500 SM

Mungkin hanya ada satu hal yang lebih buruk dari perang kimia, dan itu adalah perang biologis. Sekadar menyebut perang biologis di media modern sudah cukup untuk membuat seseorang menjadi bergidik.

Namun seperti halnya perang kimia, ini bukanlah taktik perang yang baru. Manusia telah melakukan perang biologis terhadap satu sama lain sejak zaman kuno.

Tentu saja, pada zaman dahulu, mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bakteri atau virus. Tapi orang di zaman kuno cukup pintar untuk menggabungkan dua hal.

Ketika seseorang jatuh sakit, sering kali orang-orang di sekitar mereka segera mulai menunjukkan gejala yang sama.

BACA JUGA:Bukan Maen! Inilah Daftar Perang Kuno Dengan Durasi Terlama Sepanjang Sejarah

Kasus perang biologis pertama tercatat dalam teks Het tahun 1500-1200 SM. Orang Het merujuk pada orang-orang yang menderita tularemia yang diusir ke negeri musuh.

“Harapannya adalah agar mereka dapat menulari musuh,” tulis Robbie Mitchell di laman Ancient Origins. Taktik ini terbukti sangat efektif.

Ada juga hubungan antara penyebaran penyakit dan pembusukan bangkai hewan dan manusia. Sejak 400 SM, pemanah Scythian mencelupkan anak panah ke dalam tubuh yang membusuk dan darah yang tercemar kotoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: