Terpecahkan! Ini Fakta yang di Temukan Para Ilmuwan Tentang Lubang Gravitasi Misterius di Samudra Hindia

Terpecahkan! Ini Fakta yang di Temukan Para Ilmuwan Tentang  Lubang Gravitasi Misterius di Samudra Hindia

Terpecahkan! Inilah Fakta yang Telah di Temukan Para Ilmuwan Tentang Lubang Gravitasi Misterius di Samudra Hi-Foto: net-

Untuk mencari jawaban potensial terkait pembentukan lubang misterius itu, para peneliti menggunakan 19 model komputer yang mensimulasikan gerakan mantel dan lempeng tektonik di wilayah tersebut selama 140 juta tahun.

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Penemuan Kerangka Manusia Tertua Berusia 10 Ribu Tahun

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Ratu Kalinyamat Sang Pahlawan dari Jepara Penguasa Pesisir Utara Jawa

Mereka kemudian membandingkan nilai terendah yang disimulasikan yang terbentuk di setiap pengujian dengan lubang di kehidupan nyata.

Keenam model yang paling baik mensimulasikan geoid rendah yang sebenarnya memiliki satu fitur yang sama yakni gumpalan magma panas dengan kepadatan rendah yang naik untuk menggantikan material dengan kepadatan lebih tinggi di bawah yang rendah, mengurangi massa wilayah, dan melemahkan gravitasinya.

Gumpalan ini adalah semburan batuan mantel yang berasal dari gangguan 600 mil (1.000 km) barat di bawah Afrika. 

Dikenal sebagai "gumpalan Afrika", gelembung padat dari material yang mengkristal di dalam mantel Afrika berukuran sebesar benua dan 100 kali lebih tinggi dari Gunung Everest.

BACA JUGA:Misteri Satrio Wirang dan Ramalan Gunung Slamet: Legenda dalam Lipatan Sejarah Kerajaan Kediri

BACA JUGA:Tak Disangka, 5 Fakta Sejarah Unik Ini Pernah Terjadi di Dunia

Bagaimana Lubang Gravitasi Bisa Muncul?

Peneliti berpendapat bahwa munculnya lubang gravitasi bisa ditelusuri dari "lempengan Tethyan" atau sisa-sisa dasar laut dari samudra purba Tethys, yang ada di antara benua super Laurasia dan Gondwana lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

Menurut peneliti, setelah lempeng India terputus dari Gondwana untuk bertabrakan dengan lempeng Eurasia, ia melewati lempeng Tethys, kemudian mendorongnya ke bawah lempeng India.

Saat didorong ke dalam mantel dekat Afrika Timur modern, potongan-potongan Samudra Tethys kuno yang hancur perlahan mulai tenggelam lebih dalam ke mantel bawah.

BACA JUGA:Menenal Sejarah Bharatayudha: Kisah Perang Antar Saudara Pandawa dan Kurawa yang Melegenda

BACA JUGA:Eksplorasi Misteri Sejarah di Bukit Payung, Mengungkap Jejak Purba di Kaki Gunung Sumbing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: