Tak Disangka, 5 Fakta Sejarah Unik Ini Pernah Terjadi di Dunia

Tak Disangka, 5 Fakta Sejarah Unik Ini Pernah Terjadi di Dunia

PAGARALAMPOS.COM - Peradaban manusia modern tak bisa dilepaskan dari sejarah karena memang kita tengah berdiri di atas sisa-sisa peradaban masa lampau.

Nah, dari sekian banyaknya catatan sejarah yang ada, beberapa di antaranya yang terkesan unik dan mungkin agak sulit untuk dilupakan begitu saja. Sedikit melihat ke belakang akan membuat kita tahu tentang apa yang terjadi di masa lalu.

Well, jika penasaran dengan beberapa sejarah unik yang pernah terjadi di dunia ini, kamu bisa menyimak artikel ini hingga tuntas.

1. Mamut masih ada di Bumi ketika manusia di Mesir sibuk membangun piramida


Foto : Ilustrasi, mamout disebut gajah purba yang punah.-Tak Disangka, 5 Fakta Sejarah Unik Ini Pernah Terjadi di Dunia-IDNnews

Mamut atau mammoth adalah spesies dari genus gajah purba dengan ukuran besar dan tubuhnya tertutupi oleh rambut. Menurut ilmuwan, didapatkan data fosil bahwa mamut mulai ada sekitar 1,6 juta tahun lalu.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Perkereta Apian Indonesia! Inilah Sekilas Jejak Museum Kereta Api Ambarawa

Nah, uniknya, gajah purba raksasa tersebut masih ada di Bumi pada saat manusia sibuk membangun peradabannya.

Dilansir World Atlas, kawanan mamut terakhir punah pada 4 ribu tahun lalu di Pulau Wrangel, Arktika. Itu artinya, gajah-gajah purba ini hidup berdampingan dengan manusia selama ribuan tahun.

Sementara itu, piramida awal di Mesir dibangun pada 2630 SM atau sekitar 4.600 tahun lalu. Well, jika kamu melihat film yang menampakkan mamut hidup bersama manusia pada zaman piramida kuno, mungkin itu ada benarnya.

2. Berburu, lari, dan gulat adalah olahraga tertua dalam sejarah peradaban manusia

Jelas bahwa olahraga modern akan sangat berbeda dengan konsep olahraga di zaman purba. Menurut laman Pledge Sports, lari dan gulat atau bertarung adalah jenis olahraga paling tua dalam peradaban manusia.

BACA JUGA:Mengenal Jejak Sejarah Berdirinya Museum Kereta Api Ambarawa

Olahraga macam itu dipercaya sudah ada sejak belasan hingga puluhan ribu tahun lalu. Tak mengherankan, pada zaman purba, manusia sudah aktif bergerak melalui berburu, berlari, dan berkelahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: