Mengurai Makna Satria Piningit dan Ratu Adil dalam isi Ramalan Jayabaya

Mengurai Makna Satria Piningit dan Ratu Adil dalam isi Ramalan Jayabaya

Mengurai Makna Satria Piningit dan Ratu Adil dalam isi Ramalan Jayabaya--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam kepercayaan Jawa tradisional, kita hidup di era yang disebut “zaman edan” atau era kegelapan, sebuah periode yang dipenuhi dengan ketidakadilan dan kekacauan, sebagaimana diramalkan oleh Jayabaya

Namun, di tengah keputusasaan, muncul harapan akan kedatangan Ratu Adil, pemimpin yang akan membawa negeri ini menuju masa kejayaan baru.

Jayabaya, Raja Kediri yang memerintah dari tahun 1135 hingga 1157, dikenal dengan gelar panjang yang mencerminkan keadilan dan visinya yang jauh ke depan. 

Dia pernah dianggap sebagai Ratu Adil dan Satria Piningit, dua konsep yang seringkali dianggap sama namun sebenarnya berbeda.

BACA JUGA:Tercatat Dalam Ramalan Jayabaya, Inilah Sosok Yang Akan Membawa Kejayaan Indonesia

Menurut karya ilmiah dari Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Bali, “Ratu Adil Satria Piningit dan Zaman Edan,” Satria Piningit berarti ksatria yang masih tersembunyi oleh zaman, sementara Ratu Adil adalah pemimpin yang bijak dan adil. 

Meskipun masyarakat zaman dulu kerap menyamakan keduanya, seorang pemimpin yang dianggap sebagai Satria Piningit belum tentu menjadi Ratu Adil. 

Ratu Adil harus bersikap adil dan peduli terhadap seluruh rakyat yang dipimpinnya.

BACA JUGA:Mengupas Fakta Ramalan Fenomenal The Simpsons yang Mengejutkan

Kitab Musarar dari Sunan Giri Prapen membahas konsep ketatanegaraan yang, jika diaplikasikan, dapat membentuk masyarakat adil dan sejahtera.

Kitab ini juga menyiratkan bahwa munculnya Satria Piningit akan diikuti oleh kemunculan Ratu Adil. 

Simbol-simbol dalam kitab tersebut, seperti kedaton di Makkah dan Jawa dekat Gunung Perahu, dianggap sebagai gambaran kejayaan Kesatuan Sriwijaya dan hubungan sejarah antara Jayabaya dengan Sriwijaya.

Ramalan Jayabaya menyatakan bahwa Ratu Adil yang akan muncul di masa depan berasal dari keturunan Kerajaan Majapahit. 

BACA JUGA:Banyak Telah Terbukti di Indonesia, Inilah Deretan Fakta Menarik Tentang Ramalan Jayabaya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: