Tunjang 3 Komponen Penting Berkendara. Rantai Motor Listrik Beralih ke V-Belt. Ini Kelebihannya

Tunjang 3 Komponen Penting Berkendara. Rantai Motor Listrik Beralih ke V-Belt. Ini Kelebihannya

Tunjang 3 Komponen Penting Berkendara. Rantai Motor Listrik Beralih ke V-Belt. Ini Kelebihannya--Net

PAGARALAMPOS.COM - Semakin banyak dijumpai motor listrik baru dengan model beragam.

Kendati demikian, hampir semuanya memiliki satu kesamaan mendasar, yakni tidak lagi menggunakan rantai sebagai penyalur gerak.

Motor-motor listrik lansiran terbaru saat ini cenderung menggunakan fan belt atau v-belt, untuk menyalurkan daya penggerak dari dinamo ke roda.

Menurut produsen, fan belt memiliki keunggulan yang jauh lebih banyak dibandingkan rantai, jika digunakan pada motor listrik. Keunggulan tersebut berkaitan pada 3 poin utama, yakni kenyamanan penggunaan, efisiensi daya baterai, dan peningkatan performa motor listrik.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Wisata di Ancol Jakarta yang Pas Dikunjungi Saat Bulan Puasa

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Wisata di Aceh yang Miliki Keindahan Menakjubkan

Industri motor listrik terus berkembang dengan pesat, ditandai oleh peningkatan jumlah produsen yang berlomba-lomba meluncurkan berbagai model baru. 

Meskipun setiap produsen menawarkan model, desain, dan spesifikasi yang berbeda-beda, ada satu tren umum yang terlihat: penggunaan rantai sebagai komponen penggerak mulai ditinggalkan.

Rantai, yang secara tradisional digunakan untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang, kini semakin jarang ditemukan pada motor listrik. 

Sebagai gantinya, produsen lebih memilih menggunakan fan belt atau v-belt, dan beberapa bahkan telah beralih ke penggunaan dinamo langsung pada roda belakang, yang dikenal sebagai sistem hub-drive.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Wisata Pantai Cantik yang Ada di NTB

BACA JUGA:Sidoarjo Mempesona! Inilah 7 Tempat Wisata Hits yang Wajib Dikunjungi!

PT Garda Energi Nasional Indonesia, melalui merek motor listrik Savart, adalah salah satu produsen yang telah mengadopsi penggerak fan belt. 

Garry Taifan, COO PT Garda Energi Nasional Indonesia, mengungkapkan bahwa fan belt memiliki banyak keunggulan dibandingkan rantai, terutama dalam hal rolling resistance yang rendah, yang berkontribusi pada efisiensi baterai dan performa yang lebih tinggi namun tetap hemat energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: