Arkeolog Berhasil Temukan Kapak Tangan Purba di Utara Arab Saudi Berusia 200 Ribu Tahun

Arkeolog Berhasil Temukan Kapak Tangan Purba di Utara Arab Saudi Berusia 200 Ribu Tahun

Arkeolog Berhasil Temukan Kapak Tangan Purba di Utara Arab Saudi Berusia 200 Ribu Tahun -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Para arkeolog menemukan benda bersejarah berupa kapak tangan yang berusia sekitar 200.000 tahun di situs Qurh, AlUla, Arab Saudi. 

Kapak ini diduga berasal dari Zaman Paleolitik. 

Komisi Kerajaan untuk AlUla (RCU) Arab Saudi menyebut kapak tangan tersebut terbuat dari batu basal lembut dan memiliki panjang 51,3 cm, menunjukkan ciri-ciri yang mengindikasikan penggunaan untuk memotong atau menebang. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Para peneliti masih mengkaji fungsi alat ini di masanya. 

BACA JUGA:Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia

BACA JUGA:Sejarah Dunia Kuno: Misteri Kehidupan Sang Buddha di Lumbini

Kawasan Qurh di AlUla merupakan situs dengan signifikansi sejarah dari periode awal Islam, menjadi salah satu lokasi perkotaan penting di Semenanjung Arab, yang menyimpan sejumlah rahasia dan harta sejarah.

"Tim penggalian arkeologi di situs Qurh di Kegubernuran AlUla telah menemukan kapak tangan Zaman Paleolitik yang diperkirakan berusia lebih dari 200.000 tahun," tulisnya, dikutip dari laman Arkeonews.

Situs Qurh yang Bersejarah

Situs Qurh sendiri merupakan situs bersejarah dari masa awal Islam dan sebagai salah satu lokasi penting di kota semenanjung Arab. Situs ini juga menyembunyikan berbagai rahasia dan harta karun bersejarah.

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Sejarah, Gadjah Mada dan Kisahnya di Air Terjun Madakaripura

BACA JUGA:Mengenal Fakta Menarik Suku Punan Batu, Warisan Genetik yang Membingkai Sejarah

Situs ini mencakup area yang luas dan terdapat beberapa parit terbuka dari penemuan arkeologi sebelumnya serta beberapa bangunan arsitektur yang berdiri seperti bagian tembok kota.

Area tersebut dikenal sebagai Deira atau kota. Dalam kota terdapat bangunan peninggalan kuno, masjid, dan pasar yang diketahui berusia sekitar 7 abad. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: