Inilah Sosok Ulama Sang Penyebar Islam di Tanah Jawa, Sebelum Era Wali Sanga

Inilah Sosok Ulama Sang Penyebar Islam di Tanah Jawa, Sebelum Era Wali Sanga

Foto : Situs Pasarean Cirebon.-Inilah Sosok Ulama Sang Penyebar Islam di Tanah Jawa, Sebelum Era Wali Sanga-Detik.com

PAGARALAMPOS.COM - Suasana hening terasa di sebuah situs bersejarah di Kabupaten Cirebon. Pohon berusia tua dengan dedaunan lebat hampit menghalangi sinar matahari untuk masuk.

Situs tersebut merupakan situs Pasarean Ki Lobama. Loksdinya cukup jauh dari jalan raya dan harus melewati permukiman penduduk. Bagian depan situs yang dipenuhi lumut hijau itu terlihat hamparan sawah dan jalur rel kereta api.

Situs tersebut hampir serupa dengan candi. Situs bersejarah tersebut memiliki tiga tingkatan. Susunan tangga di tengahnya sebagai jalan.

Di tingkat ketiga nampak seperti ruangan terbuka dengan pintu kecil disamping kiri dan kanan. Dahulu tempat mirip candi tersebut merupakan masjid yang dibangun oleh Ki Lobama.

BACA JUGA:Hampir Terlupakan! Inilah Sosok Sunan Prapen Penyebar Islam Selain Wali Songo

Ki Lobama, dalam papan informasi yang terletak di bagian depan situs tertulis merupakan sosok ulama yang bernama asli Syekh Abdurrahman Al Baghdadi.


Foto : Situs Pasarean Cirebon.-Inilah Sosok Ulama Sang Penyebar Islam di Tanah Jawa, Sebelum Era Wali Sanga-Detik.com

Utusan dari seorang wali Sulthanul Auliya Syekh Abdul Al Jailani untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa sekitar abad ke 11.

Sosok Ki Lobama sendiri merupakan tokoh penyebar agama Islam jauh sebelum Sunan Gunung Jati. Beliau sudah berdakwah di Nusantara sejak abad ke 11.

Menurut pegiat sejarah dan naskah kuno Farihin, struktur bangunan yang menggunakan sistem tiga tingkatan mirip candi, sengaja dibuat agar bangunan masjid menjadi lebih tinggi.

BACA JUGA:Misteri Gua Langsih, Jejak Pertapaan Sunan Kalijaga dan Awal Kisah Wali Songo

Pada masa itu daerah tempat Ki Lobama berdakwah merupakan tempat yang dekat dengan pesisir pantai utara. Sehingga dikhawatirkan terjadi banjir ketika air laut pasang.

"Ki Lobama masanya jauh sebelum era Wali Sanga, kedatangan Laksamana Cheng Ho dan jauh sebelum kedatangan Syekh Nurjati. Ki Lobama merupakan tokoh awal penyebar agama Islam di sini," tutur Farihin.

Julukan Ki Lobama, berasal dari kata Kyai nu Loba Agama. Sebuah julukan yang diberikan masyarakat Sunda yang berarti ulama yang memiliki banyak ilmu agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: