Jejak Sejarah Muslim Spanyol, Perkuburan Islam Terdapat 4.500 Makam di Lembah Ebro

Jejak Sejarah Muslim Spanyol, Perkuburan Islam Terdapat 4.500 Makam di Lembah Ebro

Foto : Lembah Ebro.-Jejak Sejarah Muslim Spanyol, Perkuburan Islam Terdapat 4.500 Makam di Lembah Ebro-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Sebuah situs arkeologi di timur laut Spanyol memiliki salah satu kuburan Muslim tertua di negara tersebut dengan ditemukannya 433 kuburan. Beberapa di antaranya berasal dari masa 100 tahun pertama penaklukan Islam di Semenanjung Iberia.

Temuan ini menegaskan bahwa wilayah tersebut, yang berada di sepanjang perbatasan antara dunia Islam dan Kristen yang bertikai pada awal Abad Pertengahan yang penuh gejolak.

Pernah didominasi oleh penguasa Muslim, yang kemudian digantikan oleh penguasa Kristen dan sejarah mereka terlupakan.

Para arkeolog menggali kuburan kuno dari maqbara atau pekuburan Muslim, yang berasal dari abad kedelapan dan ke-12, pada musim panas tahun 2020 di kota Tauste, Lembah Ebro yang berjarak sekitar 40 kilometer barat laut Zaragoza.

BACA JUGA:Mengejutkan, Temuan Ratusan Kuburan Kuno di Lembah Ebro, Ternyata Ada Jejak Sejarah Kejayaan Muslim di Spanyol

Sisa-sisa temuan menunjukkan bahwa orang meninggal pada masa itu dikuburkan sesuai dengan ritual pemakaman Muslim.

Hasil penggalian juga menunjukkan bahwa kota tersebut sebagian besar dihuni penduduk beragama Islam selama ratusan tahun, meskipun fase ini tidak disebutkan dalam sejarah setempat.

"Jumlah orang yang terkubur di pekuburan dan waktu yang ditempati menunjukkan bahwa Tauste adalah kota penting di Lembah Ebro pada zaman Islam," kata arkeolog utama Eva Giménez dari perusahaan yang berkecimpung dalam bidang warisan dan penggalian arkeologi Paleoymás, dikutip dari Live Science.


Foto : Lembah Ebro.-Jejak Sejarah Muslim Spanyol, Perkuburan Islam Terdapat 4.500 Makam di Lembah Ebro-Google.com

Giménez dan Paleoymás dikontrak untuk melakukan penggalian oleh El Patiaz Cultural Association, yang didirikan oleh masyarakat setempat pada tahun 1999 untuk menyelidiki sejarah kota tersebut.

BACA JUGA:Melihat Masjid Tua Peninggalan Zaman Awal Islam di Israel, Ternyata Sudah Menghadap Ka'bah

Penggalian awal mereka pada tahun 2010 menunjukkan bahwa pekuburan Islam seluas 2 hektar di Tauste mungkin menampung sisa-sisa jasad hingga 4.500 orang.

Namun keterbatasan dana yang dimiliki asosiasi menyebabkan hanya 46 kuburan yang dapat digali dalam empat tahun pertama pengerjaannya.

Giménez mengatakan, penemuan terbaru ini memberi petunjuk bahwa masih banyak lagi kuburan Muslim yang bisa ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: