Jatuh Perdana Di Perang Ukraina, Helikopter UH-60 Black Hawk Atau Mi-24

Jatuh Perdana Di Perang Ukraina, Helikopter UH-60 Black Hawk Atau Mi-24

Foto : Lokasi jatuhnya helikopter.-Jatuh Perdana Di Perang Ukraina, Helikopter UH-60 Black Hawk Atau Mi-24-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Hancur atau rontok perdana suatu alutsista dalam peperangan, selalu menjadi yang dicermati oleh banyak kalangan. Maklum hancurnya alutsista dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait sebagai bagian dari propaganda untuk mencitrakan keunggulan atau kemenangan di medan perang.

Sebut saja ketika Ukraina berhasil menembak jatuh pembom tempur Sukhoi Su-34 Fullback, atau sebaliknya saat Rusia berhasil menghancurkan beberapa Main Battle Tank (MBT) M1A1 Abrams SA pasokan dari AS.

Nah, meski pelibatannya bersifat terbatas dalam jumlah yang tidak banyak, Amerika Serikat dan Inggris telah mengirim dukungan helikopter untukoo pasukan Ukraina.

Dengan teknologi yang berbeda dari helikopterl militer Ukraina yang berstandar Soviet, maka keberadaan UH-60 Black Hawk dan Sea King, menjadi poin yang menarik perhatian, tetutama karena digunakan untuk misi tertentu oleh pasukan khusus.

BACA JUGA:Zil Falcatus 4×4 – Rantis Lapis Baja Futuristik, Unit Anti Teror FSB Rusia

Seperti pada 17 Maret 2024, muncul laporan dari sumber Ukraina dan Rusia tentang jatuhnya helikopter yang berafiliasi dengan Angkatan Bersenjata Ukraina.


Foto : Helikopter ukalraina.-Jatuh Perdana Di Perang Ukraina, Helikopter UH-60 Black Hawk Atau Mi-24-Indomiliter.com

Menurut laporan tersebut, helikopter tersebut sedang mengangkut 20 pasukan dan sedang mempersiapkan serangan udara di kota Kuzinki, Rusia. Helikopter tersebut konon ditembak jatuh di wilayah Lukashovka, Ukraina.

Namun, ada informasi yang bertentangan mengenai jenis helikopter yang jatuh tersebut. Beberapa sumber menyatakan itu adalah helikoper serang angkut Mi-24 buatan era Soviet,l.

Sementara yang lain menunjuk ke dugaan UH-60 Black Hawk. Sebuah video yang direkam oleh drone pengintai di atas lokasi kecelakaan menunjukkan asap besar yang keluar dari reruntuhan, sehingga sulit untuk membedakan jenis helikopter bahkan ketika kamera drone memperbesar.

BACA JUGA:Dari Analisa Puing, Ukraina Pelajari Kemampuan Rudal Hipersonik 3M22 Tsirkon

Beberapa netizen yang memperhatikan melihat “perut putih” helikopter itu terbakar. Berdasarkan pengamatan mereka, tidak ada helikopter UH-60 yang memiliki “perut putih”.

Oleh karena itu, mereka yakin kemungkinan besar pesawat yang jatuh itu adalah Mi-24. Faktanya, salah satu sumber Rusia yang mengikuti dengan cermat perang di Ukraina, Rybar, mengatakan bahwa itu bukan UH-60, melainkan Mi-24 dari 183rd Motorized Rifle Brigade.

Meski kabarnya helikopter jatuh akibat tembakan rudal hanud MANPADS (Man Portable Air Defence Systems) Sejauh ini belum dapat dipastikan apa penyebab jatuhnya helikopter angkut di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: