Pemkab Lahat Siap Rekrut 6.561 ASN Tahun 2024, Farid Usulkan Kuota Besar untuk Memenuhi Kebutuhan

Pemkab Lahat Siap Rekrut 6.561 ASN Tahun 2024, Farid Usulkan Kuota Besar untuk Memenuhi Kebutuhan

Pemkab Lahat Siap Rekrut 6.561 ASN Tahun 2024, Farid Usulkan Kuota Besar untuk Memenuhi Kebutuhan--

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, telah mengajukan usulan pengadaan formasi rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi, pada Kamis (21/3/2024), mengungkapkan bahwa Pemkab Lahat siap mengalokasikan anggaran untuk pengadaan Pegawai ASN Tahun 2024 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang ditandatangani pada Rabu (31/Januari/2024), Pj Bupati Lahat telah menyatakan kesiapan Pemkab Lahat untuk mengalokasikan anggaran gaji ASN, tunjangan ASN, pelatihan dasar CPNS, dan pengembangan kompetensi ASN dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

Total usulan rekrutmen ASN yang diajukan sebanyak 6.561 orang, terdiri dari 2.034 orang CPNS dan 4.527 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

BACA JUGA: Sempat Jadi Polemik, Pj Gubernur Sumsel Tertibkan Penunjukkan Plh untuk Jabatan Kosong di Sumsel

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat, M Aries Farhan, jumlah usulan rekrutmen ASN tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi Bidang Organisasi Setda Lahat.

Analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK) dari tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lahat menjadi dasar penentuan formasi rekrutmen.

"Formasi yang mendominasi yakni tenaga kesehatan, guru, dan Satpol PP. Untuk juknis lebih lanjut belum ada, kita tunggu info dari BKN dulu. Kemarin yang keluar baru surat persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN tahun 2024," jelas Anton Akbar, Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Aparatur.

Rekrutmen ASN ini merupakan upaya Pemkab Lahat untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang masih sangat banyak di berbagai sektor.

BACA JUGA:Yoo Yeon Seok & Chae Soo Bin Jadi Pasutri di Drama The Number You Have Dialed, ini Sinopsisnya

Keberadaan ASN yang memadai diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Dengan pengalokasian anggaran yang telah disiapkan, Pemkab Lahat berkomitmen untuk mendukung proses rekrutmen ASN agar berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, juga menekankan pentingnya proses rekrutmen ASN yang transparan, objektif, dan akuntabel.

"Kami berkomitmen untuk menjalankan rekrutmen ASN dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik guna mendapatkan ASN yang berkualitas dan profesional," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: