Bolehkah Merokok Saat Berpuasa? Yuk Simak Hukumnya Disini!

Bolehkah Merokok Saat Berpuasa? Yuk Simak Hukumnya Disini!

Bolehkah Merokok Saat Berpuasa? Yuk Simak Hukumnya Disini! -Foto: net-

Dikutip dari laman NU, menurut salah satu ulama mazhab syafii, Syekh Sulaiman al-'Ujaili dalam kitab Hasyiyatul Jamal menegaskan bahwa aktivitas merokok dapat membatalkan puasa.

وَمِنْ الْعَيْنِ الدُّخَانُ لَكِنْ عَلَى تَفْصِيلٍ فَإِنْ كَانَ الَّذِي يَشْرَبُ الْآنَ مِنْ الدَّوَاةِ الْمَعْرُوفَةِ أَفْطَرَ وَإِنْ كَانَ غَيْرَهُ كَدُخَانِ الطَّبِيخِ لَمْ يُفْطِرْ هَذَا هُوَ الْمُعْتَمَدُ

Artinya: "Dan termasuk dari 'ain (hal yang membatalkan puasa) adalah asap, tetapi mesti dipilah. Jika asap/uap itu adalah yang terkenal diisap sekarang ini (maksudnya tembakau) maka puasanya batal. 

BACA JUGA:Penemuan Arkeologis di Inner Mongolia, Cangkang Naga yang Mengungkap Sejarah Budaya Hongshan

BACA JUGA:Desa Bejijong, Tempat Bersejarah yang Membawa Kembali Kehidupan dan Kebesaran Majapahit

Tapi jika asap/uap lain, seperti asap/uap masakan, maka tidak membatalkan puasa. Ini adalah pendapat yang mu'tamad (dirujuk ulama karena kuat argumentasinya)."

Dalam mazhab syafi'i menjelaskan bahwa merokok dapat membatalkan puasa karena diisap secara sengaja, tetapi asap dari rokok yang terhirup tidak membatalkan puasa.

Mengisap sendiri asap rokok berbeda dengan mencium bau atau aroma. Sebab bau atau aroma seperti wewangian atau aroma masakan bukanlah berupa benda yang menyebabkan puasa menjadi batal.

لاَيَضُرُّ وُصُولُ الرِّيحُ بِالشَّمِّ وَكَذَا مِنَ الْفَمِ كَرَائِحَةِ الْبُخُورِ أَوْ غَيْرِهِ إِلَى الْجَوْفِ وَإِنْ تَعَمَّدَهُ ِلأَنَّهُ لَيْسَ عَيْنًأ

Artinya: "Tidak dianggap membatalkan puasa aroma yang dihirup, sebagaimana aroma asap kemenyan atau lainnya, yang terasa mencapai tenggorokan meskipun disengaja, karena bukan termasuk 'ain (benda yang bisa membatalkan puasa)."

Itulah penjelasan dari pertanyaan apakah boleh merokok saat puasa. Umat Islam dianjurkan untuk menahan keinginan merokok saat menjalankan puasa.

 

 

Artikel ini telah tayang dilaman cnnindonesia.com dengan judul: Apakah Boleh Merokok saat Puasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: