Misteri Awal Mula Gempa Bumi, Ini Bukti dari Masa Lalu Yang Berhasil Diungkap Oleh Peneliti

Misteri Awal Mula Gempa Bumi, Ini Bukti dari Masa Lalu Yang Berhasil Diungkap Oleh Peneliti

Misteri Awal Mula Gempa Bumi, Ini Bukti dari Masa Lalu Yang Berhasil Diungkap Oleh Peneliti--

PAGARALAMPOS.COM - Pernahkah Anda bertanya-tanya kapan gempa mulai melanda Bumi? Jawaban atas pertanyaan ini mungkin terkandung dalam batuan kuno yang ditemukan oleh sekelompok ilmuwan yang gigih. 

Temuan baru-baru ini di Barberton Greenstone Belt, Afrika Selatan, mengungkapkan bukti gempa Bumi yang terjadi miliaran tahun yang lalu, memberikan wawasan baru tentang awal mula lempeng tektonik dan evolusi kehidupan di Bumi.

Bebatuan Kuno sebagai Kunci Masa Lalu

Di tengah formasi geologi yang rumit di Barberton Greenstone Belt, para ahli geologi menemukan kumpulan batuan yang tidak hanya menunjukkan awal dari lempeng tektonik—saat kerak bumi terpecah menjadi lempeng-lempeng besar yang melintasi mantel Bumi—tetapi juga kondisi kehidupan Bumi ketika pertama kali berevolusi. 

Batuan Hijau Barberton yang ditemukan berasal dari periode antara 3,2 miliar dan 3,6 miliar tahun yang lalu, menjadi saksi bisu perubahan dramatis yang terjadi pada planet kita.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Serangan Harimau! Konflik Mematikan di Lampung Barat, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Gempa Bumi: Sebuah Fenomena Purba

Studi yang diterbitkan di jurnal Geology menunjukkan bahwa sabuk batuan ini sangat mirip dengan batuan di Selandia Baru yang telah mengalami longsor akibat gempa Bumi di zona subduksi Hikurangi. 

“Energi yang dilepaskan dalam gempa Bumi ini sangat besar dan mengguncang seluruh wilayah,” kata Simon Lamb, ahli geologi dari Victoria University of Wellington, yang membandingkan geologi ini dengan bebatuan berusia 20 juta tahun dan tanah longsor bawah laut yang terjadi baru-baru ini di Selandia Baru.

Kapan Lempeng Tektonik Terbentuk?

Meskipun tidak ada informasi ilmiah yang pasti tentang kapan lempeng tektonik terbentuk, diperkirakan bahwa fenomena ini mungkin telah dimulai sejak 2 miliar tahun yang lalu. 

Lamb percaya bahwa gempa Bumi yang terjadi mungkin bertepatan dengan asal mula kehidupan, yang terjadi sebelum gempa dari Barberton Greenstone Belt.

BACA JUGA:Misteri Terungkap, Arkeolog Temukan Makam Kuno Dinasti Ming di Xinzhou, Cina Utara

Kehidupan: Lahir dari Energi dan Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: