Masyarakat Kelurahan Jangkar Mas Diimbau Lebih Mandiri, dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

Masyarakat Kelurahan Jangkar Mas Diimbau Lebih Mandiri, dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

Masyarakat Kelurahan Jangkar Mas Diimbau Lebih Mandiri, dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan dan menekan angka stunting, Lurah Bumi Agung, bersama dengan masyarakat Kelurahan Jangkar Mas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, menggalakkan Program Gerakan Sumsel Mandiri pangan (GSMP).

Program ini bertujuan untuk mengubah pola konsumsi menjadi lebih produktif dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dan budidaya ikan.

Menurut Ilhamsyah S Kom, yang merupakan salah satu inisiator program ini, masyarakat diimbau untuk lebih memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian mini.

"Kita berupaya memberikan contoh kepada masyarakat terhadap pengelolaan sayuran di pekarangan rumah, seperti yang kita terapkan halaman di Kantor Lurah ini," ungkapnya dalam wawancara dengan Pagaralampos.com.

BACA JUGA:Meningkatkan Kesadaran dan Kolaborasi Melawan DBD, Ini Peringatan Lurah Prahu Dipo!

Pekarangan rumah tidak hanya bisa ditanami dengan sayuran seperti cabai, daun bawang, dan tomat, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele atau ikan nila.

Hal ini diharapkan dapat mengubah pola konsumtif menjadi pola produktif, sehingga masyarakat dapat memproduksi sendiri kebutuhan pangan sehari-hari.

Ilham menekankan bahwa melalui GSMP, masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang tersedia secara optimal.

"Dengan adanya kolam pribadi, pola masyarakat akan secara perlahan akan berubah dari sebelumnya konsumtif menjadi produktif, artinya masyarakat mampu memproduksi sendiri apa yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari," jelasnya.

BACA JUGA:Yuk intip Sinopsis Run Into You, Kim Dong Wook & Jin Ki Joo Kembali ke Masa Lalu

Pengembangan program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah Kelurahan Jangkar Mas.

Dengan masyarakat yang mandiri secara pangan, diharapkan angka stunting dapat ditekan, serta ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga dapat terpenuhi.

Selain itu, GSMP juga menjadi langkah strategis dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam mencapai ketahanan pangan.

Dengan masyarakat yang mandiri dalam memproduksi sebagian kecil kebutuhan pangan mereka sendiri, tekanan terhadap distribusi pangan dari luar dapat berkurang, sehingga ketahanan pangan daerah dapat lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: