Menyelusuri Keindahan dan Sejarah Mistis Air Terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Menyelusuri Keindahan dan Sejarah Mistis Air Terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Menyelusuri Keindahan dan Sejarah Mistis Air Terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur--

PAGARALAMPOS.COM - Tersembunyi di balik lembah-lembah hijau Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun yang tak hanya memukau dengan keindahannya, tetapi juga kaya akan cerita sejarah

Air Terjun Madakaripura, yang terletak sekitar 33 kilometer dari Seruni Point di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, adalah sebuah tempat yang menyimpan kisah mistis dan sejarah yang mendalam.

Mitos dan Sejarah

Menurut legenda yang beredar, Air Terjun Madakaripura merupakan lokasi pertapaan terakhir dari Patih Gajah Mada, tokoh legendaris Kerajaan Majapahit, sebelum beliau mencapai moksa—keadaan lepas dari reinkarnasi. 

Nama Madakaripura sendiri berasal dari tiga kata: “mada” yang diambil dari nama Gajah Mada, “kari” yang berarti peninggalan, dan “pura” yang berarti tempat sembahyang atau meditasi. 

BACA JUGA:Selain Sajikan Perekebun Teh yang Sangat Menawan, Ternyata Gunung Dempo Juga Menyimpan Segudang Kisah Mistis!

Dari mitos ini, air terjun ini mendapat julukan sebagai ‘air terjun abadi’ karena sumber airnya yang tidak pernah kering, sebuah simbol dari keabadian.

Keindahan Alam yang Memukau

Dengan tebing yang menjulang setinggi kurang lebih 200 meter, Air Terjun Madakaripura menjadi salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa. 

Bentuk tebing yang melingkar seperti gelas raksasa menambah keunikan dan keagungan tempat ini. 

Air terjun ini memiliki keistimewaan lain, yaitu air yang mengalir bukan hanya dari atas tetapi juga melalui celah-celah sempit di tebing, menciptakan efek hujan yang menambah keindahan dan kesegaran alam sekitar.

BACA JUGA:Pernah Dengar Nama Gunung Masurai? ternyata Masih Kental Dengan Kisah Mistis Lohhhhh

Akses dan Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Untuk mencapai Air Terjun Madakaripura, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi dari Kota Probolinggo menuju Dusun Branggah di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: