Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro Mengusir Hindia Belanda, Cek

Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro Mengusir Hindia Belanda, Cek

Foto : Pangeran Diponegoro-Perjuangan Pangeran Diponegoro Mengusir Hindia Belanda-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pangeran Diponegoro atau yang juga dikenal sebagai Bendara Pangeran Harya Dipanegara lahir pada tanggal 11 November 1785 di Ngayogyakarta Hadiningrat.

Adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia yang mendapat pengakuan melalui Keppres No. 87/TK/1973 tanggal 6 November 1973 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Riwayat Pangeran Diponegoro

Pangeran Harya Dipanegara merupakan anak pertama dari Sri Sultan Hamengkubuwana III, raja ketiga di Kasultanan Yogyakarta. Beliau memiliki nama Bendara Raden Mas Antawirya semasa kecilnya dan memiliki nama Islam Ngabdul Kamid.

Pangeran Harya Dipanegara juga dikenal sebagai Panglima perang di Tanah Jawa karena berhasil memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa pada tahun 1825 sampai dengan tahun 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda.

BACA JUGA:A.K Gani : Pahlawan Nasional dari Sumatera Selatan, Begini Perannya Dimasa Kemeedekaan RI

Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia, dengan korban mencapai 8.000 serdadu Hindia Belanda.

Termasuk, 7.000 pribumi, dan 200 ribu orang Jawa. Bahkan, perang ini juga menyebabkan kerugian materi hingga 25 juta Gulden.

Ketika Pangeran Diponegoro merasa terdesak, akhirnya beliau setuju untuk membuat perundingan dengan Jenderal De Kock yang merupakan Gubernur Hindia Belanda kala itu. Hal tersebut menjadi sebuah jalan dari Hindia Belanda untuk memperlemah perlawanan Pangeran Diponegoro.

Hingga pada akhirnya, Pangeran Harya Dipanegara menyerahkan diri dan diasingkan ke Makasar hingga wafat di Benteng Rotterdam tanggal 8 Januari 1855 pada usia 69 tahun.

BACA JUGA:Pahlawan Nasional: Ratu Kalinyamat Wanita Pemberani dari Kerajaan Demak

Peninggalan Sejarah Pangeran Diponegoro

Banyak sekali peninggalan sejarah yang berasal dari Pangeran Diponegoro diantaranya:

1. Keris Diponegoro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: