Kuil Maya Devi Nepal. Saksi Bisu Peninggalan dan Ajaran Buddha

Kuil Maya Devi Nepal. Saksi Bisu Peninggalan dan Ajaran Buddha

Kuil Maya Devi Nepal. Saksi Bisu Peninggalan dan Ajaran Buddha--Net

PAGARALAMPOS.COM - Bukti-bukti masa awal kehidupan Buddha di Kuil Maya Devi, Lumbini, Nepal.

Kuil itu merupakan kawasan yang dijadikan situs warisan dunia oleh organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan (UNESCO).

Ditata dengan desain yang sama dengan kuil-kuil di atasnya, struktur kayu ini memiliki ruang terbuka di tengahnya yang terhubung dengan kisah kelahiran Buddha.

Hingga saat ini, bukti arkeologis paling awal dari bangunan Buddha di Lumbini berasal dari abad 3 SM, masa pemerintahan Kaisar Asoka, yang mendorong penyebaran agama Buddha dari wilayah yang sekarang menjadi Afghanistan hingga Bangladesh.

BACA JUGA:Sungguh Menggemparkan! Peninggalan Zaman Buddha Terungkap di Nepal, Simak Ulasannya

Nepal kembali menjadi pusat perhatian arkeolog dunia dengan penemuan yang mengesankan di Stupa Ramgram, Nawalparasi Barat.

Sebuah tim gabungan antara Departemen Arkeologi Nepal dan Universitas Durham, Inggris telah menggali selama sebulan di kawasan tersebut, dan hasilnya tidak mengecewakan.

Temuan bersejarah ini membawa kabar baik bagi pemahaman kita tentang masa lalu, terutama dalam konteks kehidupan Buddha pada abad ke-5 SM.

Menurut Profesor Robin Coningham dari Universitas Durham dan penasihat UNESCO, penggalian tersebut telah mengungkap struktur kolam dan vihara (biara) yang diyakini berasal dari era Buddha.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Wisata di Ancol Jakarta yang Pas Dikunjungi Saat Bulan Puasa

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Wisata di Aceh yang Miliki Keindahan Menakjubkan

Hal ini menandakan pentingnya Stupa Ramgram secara historis dan arkeologis. Para ahli berpendapat bahwa penemuan ini menjadi bukti kuat untuk mendukung usulan penambahan kawasan Ramgram ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Arkeolog senior dan juru bicara Departemen Arkeologi Nepal, Bahadur Kunwar, menyatakan bahwa upaya sedang dilakukan untuk memasukkan Stupa Ramgram ke dalam daftar warisan dunia.

Pengujian karbon terhadap struktur dan peninggalan yang baru ditemukan akan menjadi kunci untuk menetapkan kawasan Ramgram sebagai situs bersejarah yang penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: