Nepal Van Java, Pesona Desa Butuh Kaliangkrik Mirip Namche Bazaar di Nepal

Nepal Van Java, Pesona Desa Butuh Kaliangkrik Mirip Namche Bazaar di Nepal

Foto : Desa Butuh Nepal Van Java.-Nepal Van Java, Pesona Desa Butuh Kaliangkrik Mirip Namche Bazaar di Nepal-Google.com

PAGARAPAMPOS.COM -  Mendengar kata Kaliangkrik sekilas para pendaki akan mengingat base camp pendakian menuju Gunung Sumbing. Karena memang desa ini berada di kaki Gunung Sumbing di atas ketinggian 1.700an MDPL, sekaligus menjadi desa tertinggi di Magelang.

Desa Butuh Kaliangkrik akhir-akhir ini memang menjadi sorotan media karena keindahannya. Bahkan beberapa pelaku wisata mengatakan desa ini mirip seperti pedesaan yang berada di Namche Bazaar Nepal, dilihat dari segi bangunan dan pemandangannya. 

Namun, menurut kami Desa Butuh Kaliangkrik jauh lebih indah dengan nuansa alamnya yang masih sangat terjaga. Jika sobat, berniat ke tempat indah ini boleh-boleh saja. Jadikan list terlebih dahulu dengan melihat info-info mengenai apa saja yang ada di Desa kaliangkrik.

Menyoroti desa unik diketinggian ini, jadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

BACA JUGA:Worth it! 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Nepal Van Java Sebelum Mengunjungi Desawisata di Magelang Ini

Dia membanggakan keindahan pemandangan Dusun Butuh. Dia menyebutnya tak kalah indah dengan pemandangan desa-desa di Pegunungan Himalaya.

Dusun ini diklaim sebagai dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, terletak tepat di kaki Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.620 meter di atas permukaan laut.

Di tengah dusun, sungai mengalir membelah dusun. Lokasi dusun ini berjarak kurang lebih 20 kilometer, sekitar setengah jam perjalanan dari pusat Kota Magelang menggunakan sepeda motor.

Sekitar satu jam kurang menggunakan mobil melalui Jalan Bandongan dan Jalan Raya Kaliangkrik.

BACA JUGA:Inilah 5 Surga Bawah Laut Indonesia, Pengalaman Wisata Yang Menakjubkan

Jumlah penduduk Dusun Butuh adalah sekitar 2.500 jiwa. Mayoritas warga bekerja sebagai petani. Mereka menanam berbagai sayuran mulai dari kentang, wortel, kol, dan sayuran lainnya.


Foto : Desa Butuh Nepal Van Java.-Nepal Van Java, Pesona Desa Butuh Kaliangkrik Mirip Namche Bazaar di Nepal-Google.com

Kepala Dusun Butuh Lilik Setyawan menuturkan cerita soal Dusun Butuh yang bak Nepal mulai muncul pada bulan Juni 2019. Ada seorang pendaki senior yang liburan ke Dusun Butuh.

Pendaki senior yang merupakan rekan dari Lilik ini juga sempat berkunjung ke Nepal. Lalu tercetus celoteh mengenai Dusun Butuh yang mirip sekali dengan Nepal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: