Stok Beras Premium Melimpah di Jakarta dan Bekasi Menjelang Penyesuaian HET

Stok Beras Premium Melimpah di Jakarta dan Bekasi Menjelang Penyesuaian HET

Stok Beras Premium Melimpah di Jakarta dan Bekasi Menjelang Penyesuaian HET-Ilustrasi-

PAGARALAMPOS.COM - Sejumlah gerai ritel modern di Jakarta dan Bekasi mulai memperlihatkan tumpukan beras premium yang beragam, seiring dengan pemberlakuan harga eceran tertinggi (HET) baru untuk beras premium yang berlaku sementara dari tanggal 10 hingga 23 Maret 2024.

Berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional No 7/2023, HET beras medium dan premium telah ditetapkan sejak Maret 2023, dengan penyesuaian terbaru mengalami kenaikan Rp1.000 per kg untuk beras premium selama periode penyesuaian HET.

Di Diamond Supermarket, Bekasi, terpantau ratusan karung beras kemasan 5 dan 10 kg dari berbagai merek lokal dan internasional, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp79.500 hingga Rp150.000 per 5 kg. 

BACA JUGA:Harga Beras di Indonesia Masih Tinggi, Menteri Perdagangan Beri Penjelasan Begini!

Pegawai toko menyatakan bahwa stok yang terlihat belum mencakup seluruh stok yang tersedia, dengan lebih banyak lagi yang disimpan di gudang.

Sementara itu, di Alfamart, Jakarta Pusat, stok beras premium hanya tersedia dari merek Alfamart sendiri, dengan harga Rp69.500 per karung 5kg, sesuai dengan HET sebelum penyesuaian. 

Beras premium merek lain seperti Raja dan FS sudah mengikuti HET baru dengan harga Rp74.500 per karung 5kg, namun stoknya tidak tersedia di rak.

BACA JUGA:Perum Bulog Lakukan Kontrak Baru, Strategi Pemerintah Impor Beras Untuk Stabilkan Harga, Ini Kontraknya!

Di gerai Hero yang berlokasi di daerah yang sama, terjadi perubahan harga beras premium dengan merek Topi Koki kini dibanderol Rp105.500 untuk kemasan 5 kg, dan merek lainnya juga mengalami kenaikan harga. 

Namun, pegawai toko mengaku tidak mengetahui detail kenaikan harga tersebut.

Di Indomaret, Tanah Abang, Jakarta Pusat, terlihat tumpukan beras SPHP Bulog yang dibanderol Rp55.000 per kemasan 5 kg, sebagai bagian dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) pemerintah. 

BACA JUGA:Beras Bulog Palsu! Polisi Ungkap Rahasia Gelap Industri Repacking Beras, Ini Selengkapnya!

Pegawai toko menyebutkan bahwa beras tersebut cepat habis dan pembelian dibatasi maksimal 5 kg per orang.

Ketersediaan beras premium yang melimpah ini menandai perubahan signifikan dari kondisi sebelumnya, di mana beras premium sempat langka di gerai-gerai ritel modern karena peritel enggan membeli dan menumpuk stok di gerai.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: