HMS Furious, Kapal Induk Pertama di Dunia Dilengkapi Elevator, Cikal Bakal Super Carrier

HMS Furious,  Kapal Induk Pertama di Dunia Dilengkapi Elevator, Cikal Bakal Super Carrier

Foto : Kapal induk.-HMS Furious, Kapal Induk Pertama di Dunia Dilengkapi Elevator, Cikal Bakal Super Carrier-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Elevator atau lift sudah menjadi kelengkapan standar di setiap kapal induk modern, berkat adanya Elevator, maka pesawat atau helikopter dapat disimpan dalam fasilitas deck hanggar.

Tujuannya juga untuk pemeliharaan dan penyimpanan dalam pelayaran jarak jauh. Nah, tahukah Anda, apa kapal induk pertama di dunia yang menerapkan teknologi elevator.

Jawabannya adalah HMS Furious (47) yang dibangun oleh Armstrong Whitworth di Wallsend, untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Peletakan lunas perdana HMS Furious (47) dilakukan pada 8 Juni 1915, dan kapal diluncurkan pada 18 Agustus 1916, kemudian resmi diserahterimakan ke arsenal Angkatan Laut Inggris pada 26 Juni 1917.

BACA JUGA:Taiwan Dibikin Cemas, Cina Operasikan Dua Kapal Induk Mini Pembawa Drone

Kapal perang ini awalnya dirancang sebagai kapal tempur Courageous class untuk menghadapi kapal tempur cepat Jerman.

Namun, selama pembangunannya, desainnya diubah menjadi kapal induk ringan yang inovatif dengan landasan pesawat di depan menara kendali dan kemampuan untuk meluncurkan pesawat torpedo dari landasan belakang.


Foto : Kapal induk.-HMS Furious, Kapal Induk Pertama di Dunia Dilengkapi Elevator, Cikal Bakal Super Carrier-Indomiliter.com

HMS Furious menjadi kapal pertama yang berhasil meluncurkan pesawat dari landasan pesawat di atas dek kapal pada tanggal 2 Agustus 1917.

Pada tahun 1918, HMS Furious dilengkapi dengan landasan pesawat di belakang menara kendali, menjadikannya kapal pertama yang memiliki dua landasan pesawat.

BACA JUGA:Belanda Perkuat Alutsista Dengan Helikopter AH-64E Guardian V6, Ditempatksn di Skuadron 301

Ini memungkinkan pesawat untuk lepas landas dan mendarat dengan lebih aman dan efisien.

Pada 5 Maret 1918, HMS Furious melakukan uji coba sukses dengan elevator pesawat pertamanya, menjadikannya kapal induk pertama yang dilengkapi dengan elevator.

Ini merupakan langkah inovatif yang signifikan dalam pengembangan kapal induk, karena sebelumnya pesawat harus diangkat dari hanggar ke dek penerbangan menggunakan derek, yang merupakan proses yang lambat dan tidak efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: