Mengintip Keunikan Lima Desa Wisata Terbaik yang Ada di Jawa Tengah!

Mengintip Keunikan Lima Desa Wisata Terbaik yang Ada di Jawa Tengah!

Mengintip Keunikan Lima Desa Wisata Terbaik yang Ada di Jawa Tengah!--

PAGARALAMPOS.COM - Jawa Tengah, dikenal sebagai provinsi yang kaya akan budaya, sejarah, dan kuliner, juga menyimpan ragam keindahan desa wisata yang memikat.

Tersebar di beberapa kabupaten dan kota, desa-desa ini memiliki keunikannya masing-masing, menjadikan Jawa Tengah sebagai destinasi yang menarik bagi para wisatawan.

Salah satu desa wisata terbaik di Jawa Tengah adalah Desa Wisata Besani, yang terletak di Blado, Batang.

Desa ini menawarkan berbagai atraksi menarik seperti Besani Village Trekking, Curug Dewi Besani, Wisata Keren De Blado, Nostalgia Layar Tancap, dan Pentas Tari Dewi Besani.

BACA JUGA:Pembuat Dawat Khas Kelurahan Pagaralam, Tetap Bertahan Ditengah Tantangan Ekonomi Yang Sulit

Pengunjung juga dapat menginap di homestay De Blado yang memiliki konsep ala kerajaan zaman kuno.

Selanjutnya, ada Desa Wisata Sidowarno di Wonosari, Klaten, yang dikenal sebagai desa wayang.

Desa ini terkenal dengan wayang kulit dari kulit kerbau. Pengunjung juga dapat menikmati atraksi panahan tradisional atau jemparingan, serta menyaksikan pertunjukkan tari tradisional.

Desa Wisata Conto di Bulukerto, Wonogiri, juga menawarkan potensi alam yang menarik seperti Goa Resi, Air Terjun Kresek, Bukit Gendol (Hutan Sadiman), dan Hutan Pinus.

BACA JUGA:Batu Unik Mirip Kepala Burung, Inilah Surga Tersembunyi di Pantai Bangka Belitung

Selain itu, wisatawan dapat belajar memetik dan mengolah kopi dan teh, belajar alat musik tradisional, serta belajar tari tradisional.

Desa Wisata Pakunden di Banyumas terkenal dengan kreativitasnya. Desa ini menawarkan wisata-wisata unik seperti Kampoeng Nopia Mino, Oemah Gamelan, Oemah Batik, Oemah Manggleng, Kampung Garmen, dan Kebun Buah Naga.

Terakhir, Desa Wisata Sambongrejo di Sambong, Blora, terkenal dengan kearifan lokal Kampung Samin.

Pengunjung dapat mengikuti beragam kegiatan seperti trekking sawah, pembuatan tempe, belajar membatik, belajar klothek lesung, serta edukasi ternak kambing etawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: