Inilah Kuliner Khas Sumsel, Bercitarasa Lezat Konon Perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa

Inilah Kuliner Khas Sumsel, Bercitarasa Lezat Konon Perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa

Foto : Jajanan khas Sumsel-Inilah Kuliner Khas Sumsel, Bercitarasa Lezat Konon Perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Nusantara dengan keragaman budaya dan tradisi, sama halnya dengan adanya berbagai sajian kuliner khas. Sebagai penanda kearifan lokalnya. 

Namun, tahukah kamu, jika ragam kuliner di indonesia ternyata ternyata bernilai historis atau asa sejarahnya. Seperti ragam makanan khas yang ada di Sumsel.

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan bahasa yang luar biasa, dengan lebih dari 1.300 suku dan 700 bahasa daerah yang berbeda.

Nah kali ini kita akan membahas kuliner khas suku bangsa yang ada di sumatera selatan termasuk sejarahnya.

BACA JUGA:Wisata Kuliner di Asia Tenggara, Ini Top 10 Jajanan Orientalnya

Penasarankan dengan kuliner apa saja yang menjadi sajian khas setiap suku yang ada di Sumatera Selatan?, Yuk baca terus artikel ini sampai selesai.

Sumatera Selatan memiliki berbagai suku yang masing-masing memiliki kuliner khas yang lezat dan khas. Berikut adalah beberapa contoh kuliner khas setiap suku di Sumatera Selatan:

1. Suku Basemah atau Pasemah

Mereka terkenal dengan burgo, yaitu adonan tepung beras yang dimasak dadar tipis dan disiram dengan kuah santan yang gurih.

Burgo biasanya disantap dengan telur rebus atau laksan, yaitu adonan ikan yang direbus dalam kuah santan.

BACA JUGA:Ragam Kuliner! Inilah 10 Makanan Oriental Khas Indonesia dengan Kelezatan Tiada Tara

Ciri khas burgo adalah bentuknya yang mirip dengan kwetiau dan teksturnya yang lembut. Kuahnya yang kental dan berwarna putih juga menjadi pembeda dengan kuliner lainnya.

2. Suku Palembang

Mereka terkenal dengan pempek, yaitu adonan ikan tenggiri yang digoreng atau dikukus dan disajikan dengan cuko, yaitu kuah cuka yang pedas dan manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: