Mengenal Lebih Dekat Gelar dan Pangkat dalam Masyarakat Suku Dayak di Pulau Kalimantan

Mengenal Lebih Dekat Gelar dan Pangkat dalam Masyarakat Suku Dayak di Pulau Kalimantan

Mengenal Lebih Dekat Gelar dan Pangkat dalam Masyarakat Suku Dayak di Pulau Kalimantan--

BACA JUGA:Dipercaya Mendiami Hutan Aceh, Suku Mante apakah masih ada? Simak Jawabannya Disini!

Contoh gelar ini adalah Basir untuk Suku Dayak Ngaju, Lemambang untuk Suku Dayak Iban, dan Belian untuk Suku Dayak Kenyah.

Gelar atau pangkat dalam masyarakat Suku Dayak bukanlah hanya sekadar struktur sosial, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh suku tersebut. 

Mereka menunjukkan bahwa seseorang harus memiliki kualitas, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan perannya dalam masyarakat. 

Selain itu, menghormati dan menghargai orang-orang yang memiliki gelar atau pangkat yang lebih tinggi atau lebih rendah juga merupakan bagian penting dari nilai-nilai tersebut.

BACA JUGA:5 Suku Asal Sulawesi Utara Asli Dengan Keberagaman Adat Yang Unik, Simak Disini Listnya!

Pemberian gelar atau pangkat dalam masyarakat Suku Dayak merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan dan dikembangkan. 

Mereka tidak hanya menjadi identitas, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda Suku Dayak untuk berprestasi dan berkontribusi bagi kemajuan suku dan bangsa. 

Dengan mempertahankan tradisi ini, Suku Dayak tidak hanya memperkuat keberlangsungan budaya mereka sendiri tetapi juga memberikan kontribusi berharga bagi keragaman budaya Indonesia secara keseluruhan.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: