Keturunan Eropa Kah, Selain di Minangkabau, 3 Suku di Indonesia Ini Juga Bermata Biru

Keturunan Eropa Kah, Selain di Minangkabau, 3 Suku di Indonesia Ini Juga Bermata Biru

PAGARALAMPOS.COM - Bermata biru identik dengan orang Eropa atau Amerika. Sedangkan di Indonesia sangat jarang orang yang Bermata biru.

Karena di Indonesia, tidak ada suku asli yang memiliki mata biru. Salahsatunya di Sumatera Barat, orang-orang yang bersuku Minangkabau itu memiliki mata biru yang merupakan turunan dari keluarga mereka.

Mereka adalah orang-orang yang memiliki sindrom Waardenburg, sindrom langka yang menyebabkan gangguan pendengaran, perubahan warna mata, kulit, rambut, dan bentuk wajah.

Dikutip galamedia dari Antara, orang dengan kondisi ini biasanya memiliki iris mata berwarna biru atau berbeda warna (Heterokromia iridium), seperti satu biru dan satu hitam atau coklat.

BACA JUGA:Benarkah 5 Suku Ini Keturunan Majapahit , Yuk Simak Faktanya Disini!

Nama sindrom ini diambil dari nama D.J. Waardenburg, dokter mata asal Belanda yang pertama kali mengidentifikasinnya pada tahun 1951.

Orang dengan sindrom ini biasanya mengalami gangguan pendengaran di salah satu maupun di kedua telinganya dan ada juga yang tida terganggu pendengarannya.

Selain itu mereka juga tidak mampu melihat cahaya yang sangat terang, tapi bisa melihat benda meskipun dalam kondisi gelap.

Seperti yang dialami warga di Sungayang Tanah Datar. Fakta unik dengan mata biru ini juga baru terkuak di daerah Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Manusia Cebol Suku Mante, Begini Sejarahnya Yang Masih Misteri di Tanah Aceh

Ditemukan oleh Yosemirza dalam postingan Instagramnya dengan akun @ig.yos ia adalah seorang fotografer yang sebelumnya memang terkenal berkelana mencari keunikan wajah dan budaya Indonesia. 

Kekayaan minang, 3 generasi bermata biru yang tidak ada hubungannya dengan orang Eropa. 

Mereka memiliki penyimpangan genetika yang dikenal dengan Waardenburg Syndrome. Sang nenek dan cucu memiliki warna mata Heterochomia Iridis dan anak bermata biru keduanya” tulis Yos dalam postingannya dalam bahasa Inggris yang telah diterjemahkan.

Selain di Sumatera Barat, ternyata ada suku lain di Indonesia juga bermata biru. Nah berikut kami sajikan 3 Suku di Indonesia yang bermata biru,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: