Kerajaan Majapahit, Jejak Kekuasaan Raja-Raja Terkenal yang Berkuasa Lama, Disimak Say!

Kerajaan Majapahit, Jejak Kekuasaan Raja-Raja Terkenal yang Berkuasa Lama, Disimak Say!

Didirikan Oleh Raden Wijaya! Inilah Deretan Raja dengan Jabatan Paling Lama di Kerajaan Majapahit-Foto: net-

Kerajaan Majapahit: Jejak Kekuasaan Raja-Raja Terkenal yang Berkuasa Lama

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit, sebagai salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar dalam sejarah Indonesia, meninggalkan jejak kekayaan sejarah yang mencakup hampir seluruh nusantara.

Berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi di Jawa Timur, kerajaan ini dipimpin oleh berbagai raja yang memainkan peran penting dalam sejarahnya.

Kerajaan Majapahit tidak hanya menjadi kekaisaran terbesar di Indonesia tetapi juga memiliki jejak kepemimpinan raja yang mencirikan masa keemasannya.

Berbagai raja yang mencatatkan sejarah panjang dalam pemerintahan mereka memberikan kontribusi besar terhadap stabilitas dan kejayaan Majapahit.


Foto : Pasukan majapahit dengan kapal Jung.-Begini Sejarah Kekuatan Armada Perang Majapahit, Pasukan Besar Memiliki Kapal Raksasa-Google.com

BACA JUGA:Inilah 5 Daftar Raja yang Paling Lama Berkuasa di Kerajaan Majapahit!

Dengan penyebaran agama Hindu-Buddha dan hubungan diplomatik yang kuat dengan negara-negara sekitarnya, Majapahit tetap menjadi salah satu episentrum kebudayaan dan keberlanjutan sejarah Indonesia.
 
Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya, menantu dari Raja Kertanegara, penguasa terakhir Kerajaan Singasari.

Berkat kebijaksanaan dan kepemimpinan Raden Wijaya, kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya.

Puncak Kekuasaan pada Masa Hayam Wuruk (1350-1389 M) dengan Gajah Mada sebagai Patih Hayam Wuruk memerintah pada periode keemasan Kerajaan Majapahit.

BACA JUGA:Didirikan Oleh Raden Wijaya! Inilah Deretan Raja dengan Jabatan Paling Lama di Kerajaan Majapahit

Dengan Gajah Mada sebagai patihnya, seluruh kepulauan Indonesia mengibarkan panji-panji Majapahit, dan hubungan baik dengan negara-negara tetangga terjalin dengan baik.

Raja-Raja Majapahit yang Berkuasa Lama:

1. Raja Jayanegara (1309-1328) Raja Jayanegara, raja kedua Majapahit, berkuasa selama sekitar 17 tahun, naik tahta pada tahun 1309 hingga 1328.

2. Tribhuwana Tunggadewi (1328-1350) Tribhuwana Tunggadewi, ratu ketiga Majapahit, memerintah selama sekitar 22 tahun dari tahun 1328 hingga 1350.

BACA JUGA:Menelusuri Legenda Kapal Perang Majapahit, Eksplorasi Kekuatan Militer dan Kemaritiman Kerajaan Majapahit

3. Girindrawardhana Dyah Ranawijaya (1486-1517) Raja terakhir Majapahit, Girindrawardhana Dyah Ranawijaya, berkuasa sekitar 31 tahun, dari tahun 1486 hingga 1517.

Setelah runtuhnya Majapahit, Girindrawardhana Dyah Ranawijaya menjadi Adi Pati dalam naungan Kesultanan Demak Bintara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: