Makanan Khas Bangka Belitung yang Miliki Cita Rasa yang Rame Dimulut

Makanan Khas Bangka Belitung yang Miliki Cita Rasa yang Rame Dimulut

Makanan Khas Bangka Belitung yang Miliki Cita Rasa yang Rame Dimulut-net-

Di Bangka Belitung ada kuliner berkuah yang cukup terkenal bernama tahu tok. Makanan khas Bangka ini disajikan dengan kuah dan tahu bakso. Tampilannya memang cukup polos, namun rasanya dijamin nikmat. Sebab, jika disantap tahu tok akan memberikan rasa gurih di dalam mulut.

BACA JUGA:Inilah Daftar 10 Tempat Wisata Gratis di Surabaya yang Masih Hits Tahun 2024

Tahu tok dapat ditemukan dengan mudah di Bangka Belitung. Makanan dengan cita rasa gurih ini, menjadi salah satu hidangan populer di Bangka.

Demikian daftar makanan khas Bangka populer dan wajib dicicipi. Pulau yang terletak kawasan Sumatera ini, memiliki potensi wisata kuliner yang besar dan sayang untuk dilewatkan.

4. Lempah 

Makanan khas Bangka yang populer dan masih dihidangkan pada upacara adat adalah lempah. Lempah merupakan hidangan kuah yang punya aroma kuat, berkat pemakaian bumbu rempah khas Bangka. Bahan dasarnya yaitu daging sapi serta daging ikan segar.

Makanan khas Bangka ini masih eksis hingga sekarang, dan sering dihidangkan dalam upacara adat atau disantap bersama keluarga. Di Bangka Belitung, lempah mempunyai tiga varian yaitu lempah kuning, lempah darat, serta lempah bulat.

BACA JUGA:Yuk Liburan Kesini! Inilah 5 Wisata Air Terjun Terbaik Yang Ada Di Purbalingga

Khusus lempah kuning, kuliner ini dimasak dengan bumbu kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan rempah lainnya. Lempah bisa menjadi makanan khas Bangka yang wajib untuk dicoba. 

5. Berego 

Secara tampilan, makanan khas Bangka bernama berego ini mirip seperti lontong. Bedanya bahan berego terdiri atas tepung sagu dan tepung beras. Umumnya berego disajikan dengan hidangan kuah. Misalnya lempah kuning. Berego sangat mudah ditemukan di daerah Bangka.

6. Mie Bangka 

Setiap daerah di Indonesia punya olahan mie yang nikmat. Hal ini pun bisa ditemukan di Bangka. Salah satu varian mie paling terkenal adalah mie Bangka.

Mie Bangka adalah hidangan mie berkuah polos, yang ditambahkan potongan daging dan bawang goreng.

BACA JUGA:Pantai Puru Kambera, Eksotisme Pantai Terpanjang di Sumba Timur dengan Dihiasi Pohon Cemara yang Menyejukkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: