Dukung GSMP, Lurah Bumi Agung Ajak Masyarakat Kelurahan Manfaatkan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan

Dukung GSMP, Lurah Bumi Agung Ajak Masyarakat Kelurahan Manfaatkan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan

Dukung GSMP, Lurah Bumi Agung Ajak Masyarakat Kelurahan Manfaatkan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan--

PAGARALAMPOS.COM - Di tengah upaya pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan, Lurah Bumi Agung, Ilhamsyah S Kom, mengajak warga untuk memanfaatkan halaman pekarangan rumah sebagai langkah konkrit mendukung Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Langkah ini juga diharapkan dapat membantu menekan angka stunting yang menjadi fokus program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam.

Dalam satu pertemuan di kantor lurah, Ilhamsyah menyampaikan ajakannya kepada warga serta Ketua RT/RW.

"Kami berupaya memberikan contoh kepada masyarakat terhadap pengelolaan tanaman sayuran di pekarangan rumah, seperti yang kami terapkan di halaman kantor lurah ini," ujarnya.

BACA JUGA:Galakkan Program Digitalisasi KTP, Pemerintah Kota Pagaralam Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

Menurut Ilhamsyah, program GSMP merupakan terobosan yang berpotensi mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih produktif, salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

"Dengan menanam sayuran yang dibutuhkan sehari-hari seperti cabai, daun bawang, dan tomat, kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli tanaman tersebut dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain," paparnya.

Pemanfaatan pekarangan tidak hanya sebatas penanaman sayuran, melainkan juga dapat dikembangkan dengan budidaya ikan seperti nila dan lele.

"Dengan pola seperti ini, diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih produktif dan mengubah diri dari konsumen menjadi produsen," tambah Ilhamsyah.

BACA JUGA:Wujudkan Jalan Berkeselamatan, Polres Pagar Alam Tambah Kawasan Tertib Lalulintas, Ternyata Lokasinya Disini

Lebih jauh, Ilhamsyah menegaskan bahwa langkah ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Kelurahan Bumi Agung, melalui hasil pertanian dan perikanan.

"Kami berharap masyarakat dapat memproduksi sayuran dan ikan dalam skala besar, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar," katanya.

Upaya seperti ini sejalan dengan visi pemerintah daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan di tingkat lokal.

Melalui partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia di sekitar mereka, diharapkan dapat tercipta sistem pangan yang lebih mandiri dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: