Begini Sejarah Kekuatan Armada Perang Majapahit, Pasukan Besar Memiliki Kapal Raksasa

Begini Sejarah Kekuatan Armada Perang Majapahit, Pasukan Besar Memiliki Kapal Raksasa

Tidak kurang dari sepuluh ribu kargo yang tingginya mencapai 4-7 m. Yang membuatnya hebat adalah pembuatannya tidak menggunakan bahan besi, melainkan hanya kayu.

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah 5 Daftar Raja dengan Masa Jabatan Paling Lama di Kerajaan Majapahit

Hal itu juga berlaku untuk kapal pinisi. Para pelaut Nusantara pada zaman dulu memasang pasak dengan kuat agar mampu menempelkan setiap bagian kapal.

Susunan bagian dinding adalah dari lapisan-lapisan papan kayu jati terbaik. Ada juga semacam cadik atau dayung dari dua bilah yang berada pada belakang dek kapal.

Pada setiap kapal Jung ada beberapa jenis layar besar, lengkap dengan sebuah busur berukuran besar yang berfungsi untuk pengendali angin.

Menjadi Andalan Kerajaan Majapahit dan Sekaligus Simbol Kekuatan Maritim

BACA JUGA:Ini Dia 5 Raja Kerajaan Majapahit Terdahulu, Ternyata Mereka Memiliki Fakta Unik Ini!

Pierre Yves Manguin seorang arkeolog yang juga rekan sejarawan Denys Lombard pernah memberikan deskripsi tentang kapal Jung.

Dngan perwujudan sebagai kapal raksasa yang berasal dari galangan kapal tidak jauh dari kawasan hutan jati Cirebon, Jepara, dan Tuban.

Selain menjadi kendaraan militer Majapahit, kapal ini juga merupakan kapal utama untuk perdagangan antar penduduk Asia Tenggara.

Sekilas sejarah tersebut tidak lepas dari kekuasaan kerajaan Majapahit pada masa kejayaan yang tercatat pada Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII-XV.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Perjuangan Gajah Mada dan Tribhuwana Tunggadewi di Masa Kerajaan Majapahit

Wilayah kekuasaan Majapahit adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua, semenanjung Malaya, Aibku, Papua, Singapura, dan Filipina.

Sumber ini menunjukkan batas terluas sekaligus puncak kejayaan Kemaharajaan Majapahit.

Banyak Sumber Sejarah Dunia yang Menceritakan Kapal Jung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: